Jumat, 22 September 2017

Festival Tabut 2017 Digelar, Ratusan Dol & Penari Pukau Penonton




Festival Tabut kembali digelar di Bengkulu. Event pariwisata budaya yang berpadu dengan pasar rakyat ini, sudah menjadi agenda tahunan. Festival ini rutin, digelar pada 1 hingga 10 Muharram.  Nah, untuk tahun ini 1 Muharram jatuh pada hari Kamis, 21 September 2017

Event ini diselenggarakan oleh KKT atau Kerukunan Keluarga Tabut Provinsi Bengkulu. Pemerintah Bengkulu tentu saja menfasilitasi agar pelaksanaannya sukses.



Pembukaan Festival Tabut tahun ini meriah loh, terdapat ratusan musik dol ditabuh serentak.  Para pemain dol berbaris sepanjang jalan dari Balai Raya Semarak hingga lapangan Merdeka, tempat festival budaya dan pasar rakyat digelar.

Hentakan suara alat musik tabuh dari bonggol kayu kelapa itu, mengiringi perjalanan rombongan pejabat daerah dan tokoh masyarakat bersama Kerukunan Keluarga Tabut menuju panggung festival. 


Tau gak? Konon, pada zaman dahulu, dol hanya dimainkan saat perayaan tabut saja. Kalau sekarang dol sudah tampil di pentas seni budaya nasional.





Bukan hanya dimeriahkan oleh penampilan dol, di panggung utama, ratusan penari tradisional tampil serentak. Mereka memukau penonton yang hadir, dengan menampilkan tarian rangkaian ritual tabut. Tentu saja, musik dol menjadi pengiring utama tarian gadis-gadis cantik Bengkulu itu.


Festival Tabut Masuk Kalender Event Pariwisata



For your information, Kementerian Pariwisata telah memasukkan Festival Tabut Bengkulu menjadi agenda wisata yang masuk dalam kalender event nasional, loh. Menurut penjelasan PLT Gubernur Bengkulu, Rohidin, hal tersebut merupakan kesempatan memperkenalkan daerah dengan segala potensinya, dan menjadi perangsang Provinsi Bengkulu untuk mengembangkan sektor pariwisata.

"Tabut sudah menjadi warisan budaya, ini akan kita laksanakan tiap tahun. Tentunya ke depan, terus kita tingkatkan kualitas festival juga nuansa budayanya," tutur Pak Rohidin saat pembukaan event ini.

Dirinya juga berharap, masyarakat di daerah untuk turut berpartisipasi agar event pariwisata di beberapa kabupaten bisa tercipta dan terlaksana secara baik. Pasalnya, untuk menyambut visit wonderful Bengkulu 2020, setiap kegiatan festival perlu persiapan dan evaluasi.


Nah, ayo kita ke festival Tabut Bengkulu. Ada banyak pameran kerajinan tangan daerah juga loh.

7 komentar:

  1. Festival Tabut ini ditunggu-tunggu masyarakat Bengkulu tiap tahunnya ya mbak, terutama ibu-ibu.. ^^

    BalasHapus
  2. Pasti seru banget ya mbak acara Festival Tabotnya. Jadi rindu liat tabot nih

    BalasHapus
  3. Baru tau ada festival tabut ini. Pasti seru pasar rakyatnyaaa :)

    BalasHapus
  4. meski kita ga sreg ama ritualnya yg ada menyan dsb nya itu, tpi secara budaya dan seni, tabut memang menarik dan jdi salah satu nilai jual utamanya bengkulu

    BalasHapus
  5. Padahal festival tabut telah berlalu, tapi keseruannya masih kerasa sampai sekarang ya mbak.. ^^

    BalasHapus
  6. festimal begini sangat bagus buat mengenalkan potensi lokal

    BalasHapus

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Silakan tinggalkan komentar yang bermanfaat

Postingan Terbaru

Cara Cek Data Dapodik Guru Melalui Akun SIM PKB

Salam guru! Kali ini saya mau share cara cek data dapodik guru melalui akun SIM PKB. Tentunya rekan guru sekalian masih ingat kan dengan ...