Contoh RPP K13 Bahasa Inggris SMP Kelas VIII My Uncle is a Zookeeper

Kamis, 25 Januari 2018


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                            : SMPN 5 Kota Bengkulu
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Tema                                : My Uncle is a Zookeeper
Materi pokok                   : - To show my pride of something.
                                          - To give good and bad sample.
Kelas/Semester                 : VIII/II
Alokasi Waktu                 : 3 × 2 JP


I.                   Kompetensi Inti

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

II.                Kompetensi Dasar

3.6  Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, denganmemperhatikanfungsisosial, struktur teks, danunsurkebahasaan yang benardansesuai konteks.

III.             Indikator

1.      Pengetahuan
a.       Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya
2.      Ketrampilan
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteksKetrampilan.

IV.              Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial serta menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya

V.                 Materi Pembelajaran.
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum.
1.        Fungsi sosial.
Menghargai alam semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan,   dsb
2.        Struktur teks.
The sun shines everyday in Indonesia, so it is mostly very green. My father is very healthy because he wakes up early and excersises everyday. We have English on Monday and Wednesday. Do you get up early? Yes, I help my Mom before I go to school; I clean the house and wash the dishes., dan semacamnya.
3.         Unsur kebahasaan
(1)Kata kerja dalam Simple Present Tense.
(2)Adverbia: always, often, sometimes, never, usually, every ...
(3)Kosa kata: kata benda, kata kerja, dan kata sifat yang terkait dengan orang, binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
(4)Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(5)Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6)Ejaan dan tanda baca
(7)Tulisan tangan.

VI.              Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan  :  scientific approach
2.      Metode         :    Project-based Learning
3.      Teknik          :    ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas

VII.           Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1(To show my pride of something.).
FASE
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
Pendahuluan
a.       Peserta didik berdoa sebelum memulai proses pembelajaran.
b.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dan guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
c.       Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
d.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran dab teknik penialaian yang akan dilaksanakan.
5 menit
Kegiatan
Inti
a.        Mengamati
·      Peserta didik mengamati teks dan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·      .Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

b.        Menanya
a.       Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya mengenai materi atau bahan ajar tentang fungsi sosial, ungkapan yang terkait dengan materi, dan unsur kebahasaan
b.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
c.  Mengumpulkan Informasi
·         Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·         Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum.
·         Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur..
d. Mengasosiasi
·         Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·         Siswa membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan tentang keberadaan orang, benda dan binatang dalam jumlah yang tidak tertentu yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

e.   Mengkomunikasikan
·         Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·         Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·         Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
10 menit






10 menit







15 menit













10  menit







20 menit
Penutup
a.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b.     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang  diberikan oleh guru
10  menit

Pertemuan ke-2(To give good and bad sample).
FASE
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
Pendahuluan
a.       Peserta didik berdoa sebelum memulai proses pembelajaran.
b.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dan guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
c.      Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
d.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran dab teknik penialaian yang akan dilaksanakan.
5 menit
Kegiatan
Inti
a.    Mengamati
· Peserta didik mengamati teks dan gambar yang tertera dalam buku paket. ( hal 76-77) dengan tema “apa yang pelajar pintar lakukan setiap hari”.
· Peserta didik mendengarkan guru dalam pengucapan kata-kata yang tertera dalam teks.
· Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya
b.    Menanya
a.    Peserta didik mencoba memahami kata-kata yang tertera dalam teks.
b.    Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya mengenai materi atau bahan ajar tentang fungsi sosial, ungkapan yang terkait dengan materi, dan unsur kebahasaan.

c.  Mengumpulkan Informasi
·         Siswa menuliskan aktifitas yang dilakukan oleh para palajar  setiap hari ( hal 78).
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum

d. Mengasosiasi
·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
e.   Mengkomunikasikan
·         Siswa membacakan hasil dari tugas menuliskan aktifitas para pelajar pintar  setiap hari.
·         Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·         Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
·         Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
10 menit







10 menit



15 menit





10 menit


20 menit
Penutup
a.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
  1. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
  2. Peserta didik menjawab pertanyaan yang  diberikan oleh guru.
\10 menit


Pertemuan ke-3 (To give good and bad sample).

FASE
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
Pendahuluan
a.       Peserta didik berdoa sebelum memulai proses pembelajaran.
b.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dan guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
c.      Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
d.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran dab teknik penialaian yang akan dilaksanakan.
5 menit
Kegiatan
Inti
a. Mengamati
·      Guru menceritakan aktifitas sehari-hari nya/guru memberikan sebuah video pembelajaran tentang seseorang yang menceritakan aktifitas sehari-harinya..
·      Peserta didik mengamati guru / video yang ditayangkan.
b.                 Menanya
a.      Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya mengenai  kalimat-kalimat yang diperguanakan oleh guru/yang berada dalam video yang telah diputar.
b.      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.

c. Mengumpulkan Informasi
·         Guru meminta siswa untuk menuliskan aktifitas yang dilakukan oleh siswa setiap hari.
·         Siswa menuliskan aktifitas sehari-hari  dan membandingkan dengan aktifitas yang  dicontohkan oleh guru / dalam video atau dalam pembelajaran sebelumnya.
d. Mengasosiasi
·         Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
e.   Mengkomunikasikan
·         Siswa menceritakan aktifitas sehari-harinya didepan kelas.
·         Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·         Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
·         Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
10 menit




10 menit







15  menit




10  menit




20 menit
Penutup
a.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b.      Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c.       Peserta didik menjawab pertanyaan yang  diberikan oleh guru
10  menit
VIII.        Penilaian (Instrumen penilaian terlampir)
1.      Penilaian sikap
2.      Penilaian pengetahuan
3.      Penilaian ketrampilan


IX.              Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber                  :    
Buku paket siswa ‘ When English Rings The Bell’ diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Media Pembelajaran : Audio/Video, White Board, Board marker

                                                                                      Bengkulu,   Januari 2018

Kepala SMPN 5 Bengkulu                                          Guru Mata Pelajaran,



Nama
NIP
Post Comment
Posting Komentar

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Silakan tinggalkan komentar yang bermanfaat

Auto Post Signature

Auto Post  Signature