Tampilkan postingan dengan label Visit Indonesia. Tampilkan semua postingan

Liburan, Belajar dan Berkreativitas Lebih Menyenangkan dengan Traveloka Xperience

9 komentar
"Bu, aku mau ikut kelas Sempoa" - Adis, 6 tahun

Mendengar permintaan anak pertamaku itu mataku langsung membulat besar. Bukan marah, tapi heran. Dia tahu Sempoa itu dari mana coba? Usut punya usut ternyata dari teman satu sekolahnya yang ikut les Sempoa. Akhirnya, saat kebetulan lewat tempat les Sempoa itu dia mengajak aku berhenti sebentar di sana. Okelah, kupikir tidak ada salahnya sekadar mencari informasi seperti apa kelas dan belajarnya. Jika sesuai dan memungkinkan ya kenapa tidak?

Ternyata jika ingin belajar di sana harus meluangkan waktu 3 hari dalam seminggu, dengan durasi belajar 1 jam perharinya. Biayanya juga lumayan. Namun, yang memberatkan bukan soal biayanya melainkan waktu belajarnya yang cukup lama bikin aku dan suami berpikir panjang untuk mengabulkan permintaan Adis. Lagipula setelah di'interogasi' tujuan utama anak gadis ini sebenarnya bukan mau les, sih. Tapi mau main dengan teman satu sekolahnya itu. Padahal, dia tidak bisa juga berada dalam satu kelas dengan temannya ini karena level belajarnya sudah beda.

Akhirnya, dengan bujuk rayu keinginan ini bisa ditunda dulu. Melihat juga kebiasaannya yang memang sudah sekolah TK ini masih ingin bermain-main maka kami pikir lebih baik cari les atau kelas dan kursus yang waktunya tidak panjang dan di sana dia masih bisa bebas bermain.


"Bu, aku mau ikut Datuk Nenek ke Jakarta, boleh?" - Adis, 6 tahun

Permintaan yang ini diutarakannya saat kakek neneknya berencana mengunjungi cucu mereka lainnya yang baru lahir di daerah Karawaci Tangerang. Setelah berdiskusi dengan suami, kami memutuskan mengizinkannya pergi. Mengingat juga kondisi aku saat ini yang sedang hamil tua, tidak mungkin untuk ikut dan menemaninya. Saat itu rencana berangkatnya tanggal 11 Oktober s.d 14 Oktober 2019. Tidak terlalu lama dan tentu tidak terlalu merepotkan juga.


Halaman Awal Aplikasi Traveloka, Pilih Xperience untuk merencanakan liburan yang menyenangkan

Nah, saat merencanakan dia liburan ke Jakarta itu, tepatnya di Karawaci Tangerang. Kebetulan aku yang memesan tiket pesawat di aplikasi Traveloka, aku melihat fitur Traveloka Xperience yang menawarkan Classes & Workshops. Iya, kelas belajar sekaligus bermain buat anak-anak banyak banget di sini. Ada dua tempat yang aku bidik, di Sumarecon Mall Serpong dan Supermall Karawaci karena dekat dengan tempat Adis menginap.

Setelah melihat beberapa pilihan dan review, akhirnya aku memilih untuk menjadwalkan kelas menghias donat di Supermall Karawaci dan playground di Summarecon Mall Serpong sesampainya dia di sana nanti. Anaknya pasti senang banget karena salah satu cita-citanya jadi koki dan dia juga sempat ikut lomba menghias donat sebelumnya, loh.

Foto paling atas saat Adis bermain di Playground Summarecon Mall Serpong
Foto berikutnya pilihan playground dan Kelas Menghias Donat di Traveloka Xperience

Cara Pesan Tiket di Traveloka Xperience

Cara pesan tiket masuk playground ataupun mendaftar di kelas ini gampang banget. Setelah buka aplikasi traveloka dan memilih Xprerience, kita bisa langsung menuliskan lokasi atau tempat di sekitar yang ingin dikunjungi. Aku saat itu langsung memilih Karawaci, dan tempat spesifiknya Summarecon Mall Serpong dan Supermall Karawaci. Nanti di sana bisa pilih sesuai kategori lagi, mau Playground atau Classes & Workshops. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Aku pillih dua ketegori itu sekalian karena memang liburan ini khusus buat anak.
Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan, tinggal klik yang diinginkan terus pesan deh tiket masuknya. Segampang itu!

Aku jadi lega, sekarang menjadwalkan kegiatan buat anak saat liburan jadi lebih mudah. Waktunya juga tidak panjang dan lama, yang memungkinkan si kecil nanti tiba-tiba mogok belajarnya.

Ketika Harus Ganti Rencana Liburan...

Tapi kadang rencana tak semulus kenyataan, ternyata anakku yang saat itu memang pergi dengan
kakek neneknya, di hari pertama tiba di Bandara Soekarno Hatta, memilih langsung mengunjungi TMII (Taman Mini Indonesia Indah) yang berada di Jakarta Timur. Emaknya yang ditinggal ini langsung tepok jidat! Untungnya lagi, di Traveloka Xperience ada fitur Attraction, jadi bisa pesan langsung juga tiket masuknya. Sesuai rekomendasi di aplikasi dan om-nya yang memang pernah ke sana, dipilihlah tempat yang akan dikunjungi nanti Taman Burung TMII, Dunia Air Tawar & Dunia Serangga TMII.

Foto pertama: Pemesanan tiket masuk Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga di TMII
Foto Berikutnya: #XperienceSeru Adis saat mengunjungi tempat tersebut


Mereka juga merencanakan menginap di Hotel Santika yang lokasinya tak jauh dengan TMII. Kemudian keesokan harinya baru akan menuju ke Karawaci Tangerang. Pesan hotelnya juga bisa langsung pakai aplikasi Traveloka, dong tentunya.

Fitur Free Cancellation untuk Ganti Rencana Liburan

Terus, rencana sebelumnya gimana dong? Tenang, ada fitur Free Cancellation  juga kok. Jadi bisa batalin rencana pertama dan ganti dengan rencana lainnya. Nanti, tinggal susun ulang deh rencana jalan-jalan dan belajarnya.

Caranya tinggal klik aja di kategori Xperience yang sudah dipilih sebelumnya, lalu klik Free Cancellation untuk membatalkan pembelian tiket masuk. Gratis, loh.

#XperienceSeru Adis di Taman Burung TMII bersama nenek 💗

Anak senang, ibu tenang, kakek neneknya juga happy liburang bareng cucu! Dari tempat-tempat yang dikunjunginya, Adis bisa belajar sekaligus bermain saat mengisi liburan. Terima kasih Traveloka Xperience, #XperienceSeru jadi kenyataan!

Berburu Tempat Wisata Instagramable di Surabaya

54 komentar


Rencananya mau liburan keluarga lagi. Kalau kemarin kami masih mengunjungi tempat yang dingin, kali ini sepertinya ingin mencoba kota lainnya. Rencananya aku mau ke Surabaya. Iya, belum pernah ni ke Jawa Timur. Aku sudah tanya-tanya dan googling beberapa tempat wisata di sana. Berikut ini beberapa diantaranya,

Hutan Bambu
Sumber: carispot

Saat aku lihat seorang teman yang mengunjungi Hutan Bambu beberapa waktu di Surabaya, aku jadi pengin juga ke sana. Suasananya mirip Asia Timur. Pastinya cocok banget buat foto-foto terus hasilnya dipajang di Instagram. Hehehe...

Surabaya Carnival
Sumber: travelspromo

Selain itu aku mau mengajak si kecil juga menikmati beberapa wahana permainan di Surabaya Carnival. Taman hiburan bernuansa karnaval ini selain menawarkan wahana permainan untuk anak dan dewasa, juga dilengkapi dengan penjual makanan dan souvenir. Cocok banget kan buat jadi salah satu destinasi pilihan saat ke Surabaya.

Kebun Binatang Surabaya

Sumber: jejakbocah

Kemudian rencananya juga akan mengunjungi Kebun Binatang Surabaya (KBS). Wisata sekaligus belajar mencintai sesama makhluk hidup ciptaan-Nya. Tentu akan banyak spot foto di sini. Bisa juga kan foto sambil naik gajah atau unta.

Ciputra Waterpark
Sumber: blog.airpaz

Main air adalah kegiatan favoritnya anak-anak. Makanya tidak ada salahnya menjajal waterboomnya Surabaya ini. Pasti seru basah-basahan di sini. Spot fotonya juga pasti banyak dong ya, bahkan lebih seru karena ada tantangannya, basah!

Hotel di Surabaya
Setelah melihat beberapa tempat rekomendasi wisata di Surabaya, seperti biasa dong, aku mulai cari perkiraan tanggal libur, harga tiket dan tentunya penginapan. Maunya penginapan yang gak jauh-jauh dari tempat wisata biar hemat ongkos dan bisa berkali-kali ke sana. Siapa tahu kan ya sedang hujan, jadi bisa diulang lagi mainnya sampai dapat foto terbaik.
Rencananya mau di Surabaya ini sekitar 4 hari. Jadi setelah cek harga hotel sana-sini, aku jadi bisa menyimpulkan kalau mencari referensi Hotel Traveloka bisa dapat harga yang lebih murah dengan pilihan hotel yang lebih lengkap.

Cara bookingnya juga tidak ribet, aku kasih tau ya...

Setelah akses halaman traveloka, aku pilih menu hotel dan lokasi Surabaya. Nanti akan muncul beberapa pilihan hotel sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan. Tinggal klik saja hotel yang diinginkan. Jangan lupa tentukan juga jumlah tamu dan durasi lama menginap nantinya.
Senangnya di tanggal yang aku pilih ada penawaran diskon kalau menginap selama 3 malam. Jadi menginap di Tunjungan Hotel Surabaya jadi pilihan nih. Sebab dekat juga aksesnya kalau mau ke Tunjungan Plaza. Maklumlah, cuci mata itu kegiatan yang menyenangkan.


Setelah menentukan hotelnya, bisa pilih jenis kamar yang diinginkan. Aku pilihnya Superior Double Room dengan satu tempat tidur. Kemudian,  tinggal klik saja BOOK NOW. Lalu lengkapi data pemesan berupa nama, nomor hp dan email yang masih aktif. Setelah itu bisa klik CONTINUE TO REVIEW

Maka akan ditampilkan detail pesanan kita seperti gambar di atas. Untuk melihat detail total pembayarannya, tinggal scroll saja ke bawah. Akan tertera jumlah yang harus dibayarkan. Jika sudah yakin dengan pesanan, bisa klik CONTINUE TO PAYMENT. Yup, tinggal lakukan pembayaran saja.

Sebelum melakukan pembayaran, bisa ditentukan dulu cara pembayarannya. Apakah mau bank transfer atau bayar di gerai indomaret dan sebagainya. Pilihnya di kolom biru sebelah kiri seperti gambar di atas. Sesuaikan saja dengan cara pembayaran yang sering dilakukan.

Kalau sudah dipilih cara pembayarannya, langkah selanjutnya adalah mentransfer sejumlah uang sesuai dengan tagihan yang tertera. Nanti di email kamu juga akan dikirim detai pemesanan dan total yang harus ditransfer serta nomor rekeningnya. Selanjutnya jika sudah kamu transfer, voucher penginapannya akan dikirm juga ke email. Jadi saat sudah tiba di hotel, tinggal tunjukkan saja ke resepsionis.

Gimana? Tidak ribet kan memesan hotel di Traveloka? Pembayarannya juga mudah, cepat dan tentunya pilihan hotelnya lengkap di seluruh Indonesia bahkan di dunia. Yuk, coba pesan hotel di Traveloka!

5 Fakta Unik Candi Terbesar di Dunia, Borobudur

26 komentar
Dari sedikit keajaiban dunia, beruntung Indonesia memiliki salah satunya, yaitu Candi Borobudur. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, candi yang disebut-sebut sebagai situs paling penting bagi umat Buddha ini mengundang banyak misteri bagi mereka yang penasaran dengannya. Bayangkan, bagaimana cara masyarakat di abad 9 bisa membangun candi semegah itu?

Selain keindahan yang benar-benar memukau, terutama saat memandang matahari terbenam dari puncak tertingginya, Candi Borobudur juga memiliki banyak sisi istimewa. Berikut adalah lima fakta menarik yang berkaitan dengan Candi Borobudur, situs candi terbesar di dunia.

Candi yang Sangat Besar dan Luas


 foto:Anis Efizudin/Antara

Candi Borobudur merupakan warisan sejarah Indonesia dan dunia. Seperti yang disebutkan di atas tadi, Candi Borobudur didaulat sebagai candi terbesar di dunia. Saking megahnya, situs ini dicatat dalam Guinness World Records sebagai candi Buddha terbesa di dunia. Luasnya diperkirakan mencapai 15.129 meter persegi, dengan tinggi 42 meter dan terbagi dalam 10 tingkat, serta panjang relief mencapai lebih dari satu kilometer. Yang lebih menarik lagi, ada 72 stupa yang menghiasi puncak-puncak Borobudur. Nggak percaya? Coba hitung sendiri.

Dikenal Berkat Thomas Raffles


 foto:Tropenmuseum/Wikipedia

Popularitas Candi Borobudur ternyata bukan berasal dari orang Indonesia. Keberadaannya dikenal masyarakat dunia berkat jasa Thomas Raffles. Pria yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jenderal Pulau Jawa ini pernah menggambarkan Candi Borobudur dalam buku The History of Java. Di buku tersebut, pria yang namanya juga diabadikan dalam nama bunga Rafflesia Arnoldi tersebut menceritakan bahwa Candi Borobudur pertama kali ditemukan dalam gundukan tanah dan tertutup semak belukar.

Jam Raksasa


 foto:pixabay.com

Entah bagaimana pola pikir manusia jaman dahulu. Tapi tampaknya mereka juga sejenius profesor jaman sekarang. Ternyata Candi Borobudur juga berfungsi sebagai jam raksasa dengan memanfaatkan stupa-stupa yang ada. Karena saat dibangun belum ditemukan jam, candi ini dibentuk agar bisa menjadi jam matahari yang menunjukkan waktu dengan mengacu pada bayangan stupa terbesar di siang hari.



Dibangun Tanpa Perekat


 foto:KITLV

Nggak heran kalau Candi Borobudur dianggap sebagai keajaiban dunia. Bangunannya sendiri dibuat dari balok-balok vulkanik yang disusun dari bawah hingga ke atas, tanpa bantuan bahan perekat apa pun, lho! Benar-benar sebuah masterpiece karena kenyataannya, candi itu tetap berdiri kokoh hingga sekarang.

Nggak Repot Lagi Beli Tiketnya



Dulu, pergi ke Candi Borobudur di musim liburan berarti harus rela antri dan berpanas-panas di depan loketnya. Kini pengelolanya bersinergi dengan situs booking tiket online terbesar di Tanah Air, Traveloka. Com. Mudah saja untuk mendapatkan tiketnya. Tinggal akses ke traveloka.com, kemudian temukan laman yang melayani penjualan tiket Candi Borobudur.
Setelah itu, booking dan lakukan pembayaran untuk mendapatkan voucher tiket masuk dari Traveloka yang nantinya bisa digunakan masuk ke Candi Borobudur. Untuk syarat dan ketentuan selengkapnya, kamu bisa cek langsung di websitenya.

Nyeleneh Tapi Selalu Dicari, Ini Lho Kuliner Bernama Unik Khas Surabaya yang Selalu Diincar

10 komentar
Masih suasana liburan dong? Jalan ke mana aja nih? Dana liburan yang terbatas bukan berarti jadi halangan untuk mengisi liburan loh. Cari saja daerah yang nggak terlalu jauh dan pilih akses transportasi yang mudah serta murah. Kali ini, jatuhkan pilihan pada Surabaya yang menyimpan aneka kuliner bernama unik dan selalu diincar para pelanocng yang datang ke Kota Pahlawan. Jangan tunda lagi, segera booking tiket bus dan jelajahi keunikan kulinernya berikut ini.

Nasi Goreng Jancuk


sumber:kabarwisata.com

Sebelum tren makanan dengan tingkat kepedasan merajalela, Nasi Goreng Jancuk kreasi koki Hotel Plaza Surabaya ini sudah mencuri hati pecinta pedas. Diambil dari umpatan khas Surabaya, ada cerita unik di balik pembuatan menu dengan porsi besar dan pedas yang menggelegar ini.
Awalnya, chef di hotel tersebut meracik nasi goreng dengan banyak cabai. Saking pedasnya, teman-temannya yang mencoba sampai mengumpat berkali-kali saat mencicipinya. Dari sini muncul nama nasi Goreng Jancuk yang selalu jadi favorit wisatawan.

Mi Pecun

sumber:travelingyuk.com

Mendengar nama kuliner khas Surabaya ini dijamin bikin dahi berkerut. Pasalnya, pecun merupakan sebutan pekerja seks komersial dalam bahasa Surabaya. Padahalnya, nama menu ini merupakan singkatan dari pedas racun yang diartikan sebagai luas biasa pedas. Buat yang udah punya tiket bus ke Surabaya nggak perlu bingung mencarinya, karena cabang Mi Pecun tersebar di beberapa area, salah satunya di Jalan Anjasmoro.

Rawon Setan


sumber:img.ulinulin.com

Sudah booking tiket bus ke Surabaya, jangan lupa mengagendakan rencana menjajal Rawon Setan. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Embong Malang ini sudah berjualan sejak tahun 1950. Namanya yang legendaris dan unik ini memang nggak ada kaitannya dengan hal-hal mistis atau menyeramkan, tapi berasal dari jam buka restoran yang nggak biasa, yaitu pukul 10 malam hingga 4 pagi.

Bebek Mercon

sumber:img.ulinulin.com

Warga Surabaya terkenal sebagai pecinta makanan pedas. Nggak heran jika kuliner khasnya dikenal dengan nama yang cukup unik, salah satunya Bebek Mercon. Kuliner bebek goreng yang satu ini memang punya citarasa yang tak biasa karena disajikan dengan campuran bumbu dan sambal yang meledak di mulut, seperti baru saja makan petasan atau mercon.

Rawon Kalkulator

sumber:travelingyuk.com

Satu lagi menu rawon yang jadi andalan Kota Surabaya. Tak perlu khawatir kelaparan bila tiket bus ke ibukota Provinsi Jawa Timur ini jadwal sampainya malam hari, sempatkan diri mengunjungi Rawon Kalkulator yang ada di Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo yang buka hingga jam 03.00 WIB. Namanya yang unik ini justru berasal dari kecepatan pelayan warung saat harus menghitung total biaya yang harus dibayar setiap pelanggan, yang dianggap menyamai kemampuan kalkulator.

Jangan sampai salah duga hanya gara-gara kuliner lezat ini punya nama tak biasa. Segera miliki tiket bus ke Surabaya sekarang juga, dan puaskan selera makanmu dengan sajian-sajian sedap ini.


Jalan-Jalan ke Makassar? Jangan Lupa Mampir ke 5 Tempat Wisata Kuliner Ini

15 komentar
Kamu sedang berkunjung ke Makassar? Selain berwisata, kira-kira apa lagi ya daya tarik khas kota yang dulu bernama Ujung Pandang ini? Tentu saja kulinernya. Makassar merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan kelezatan dan keberagaman kulinernya.

Mulai dari jajanan ringan, makanan berat, sampai minuman khas, semua bisa ditemukan dengan mudah di Makassar. Nah, bagi kamu yang sedang menjelajah Sulawesi Selatan dan butuh rekomendasi tempat makan enak di sana, yuk simak daftar berikut!

Pallu Basa Serigala


Source : objekwisatapopuler

Pallu Basa Serigala menempati urutan pertama tempat makan lezat di Makassar. Berlokasi di Jalan Serigala No. 54, Makassar, Sulawesi Selatan, rumah makan ini menyediakan menu khas bernama pallu basa. Sekilas kuliner berbahan dasar daging ini sedikit mirip dengan coto Makassar. Bedanya pallu basa disajikan dengan nasi.

Kalau kamu berniat makan di tempat makan milik H. Haerudin ini, datanglah antara pukul 11 siang sampai 10 malam WITA. Tak usah risau soal harga, seporsi daging pallu basa lengkap dengan nasi dibanderol Rp15.000 saja, lho!


Ulu Juku Makassar


Source : okezone

Rekomendasi tempat makan enak berikutnya di Makassar adalah Ulu Juku. Berada di Jalan Prof. Dr. Abdurrahman Basalamah No. 99A, Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar, rumah makan ini menyediakan menu khas kepala ikan dengan olahan kuah kaldu dan rempah khas Makassar yang lezat.

Menu ini sangat cocok disantap pada waktu makan siang. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp20.000, kamu sudah bisa menikmati gurih dan lezatnya kepala ikan kuah kaldu ini.


Mie Hengki Makassar


Source : makassarkuliner

Kalau kamu bosan dengan olahan masakan yang disandingkan dengan nasi, cobalah datang ke rumah makan Mie Hengki Makassar. Tempat ini sangat terkenal di kalangan warga setempat dan wisatawan karena menyediakan menu mie yang menggunakan mie kering khas Makassar.

Kudapan ini umumnya disajikan dengan irisan ayam, potongan cumi, serta jamur yang semakin menambah kelezatan cita rasa kuliner khas Makassar. Kalau penasaran, datanglah ke rumah makan yang berada di Jalan Nusantara 354, Makassar, ini mulai pukul 7 sampai 12 malam. Harganya juga murah, lho, hanya Rp18.000 per porsinya.


Iga dan Sop Konro Karebosi


Source : openrice

Belum ke Makassar Namanya kalau belum mencicipi sop konro. Lalu, di mana sih tempat makan sop konro di kota ini yang terkenal enak? Iga dan Sop Konro Karebosi jawabannya. Terletak di Jalan Gunung Lompobattang, Pisang Utara, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, destinasi kuliner ini memiliki menu andalan iga sapi bakar dan sop konro.

Selain terkenal lezat, menu di sini juga terbilang murah. Tidak heran kalau banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang datang kemari untuk mencicipi sop konro atau konro bakarnya.


Pisang Epe


Source : tribunstyle

Setelah kenyang menyantap menu berat, manjakan perut dengan menikmati jajanan ringan khas Makassar, yaitu pisang epe. Di sepanjang jalan menuju Pantai Losari banyak terdapat pedagang yang menjual pisang epe dengan topping aneka rasa, mulai dari cokelat, keju, sampai durian.

Selain enak, harganya juga murah lho, hanya sekitar Rp6.000 per porsi. Sembari menikmati pisang epe, kamu bisa menghabiskan waktu menikmati semilirnya angin dan suasana Kota Makassar malam hari.


Itu dia 5 rekomendasi wisata kuliner lezat di Makassar. Bagaimana, tentu kamu penasaran dan tak sabar ingin mengunjungi Makassar untuk mencicipi menu-menu di atas, kan? Tidak usah risau soal akomodasi, Airy siap memberikan pelayanan terbaiknya untukmu yang ingin berlibur di sana. Yuk, kunjungi website Airy sekarang!

Taman Cerdas Jebres, Tujuan Wisata di Solo yang Bakal Perluas Wawasan

33 komentar
Halo, masih suasana liburan, nih. Pada liburan ke mana? Kali ini aku mau rekomendasiin buat kalian tentang Taman Cerdas Jebres, yang berlokasi di Solo. Kok, bisa disebut taman cerdas ya? Yuk, kita lihat gimana serunya taman ini hingga bisa memperluas wawasan kamu.

sumber:surakarta.go.id

Solo merupakan kota pewaris Kesultanan Mataram seperti halnya Yogyakarta. Dengan berjalan-jalan ke Kota Solo, kamu akan merasakan atmosfir tradisional yang sangat kental, dengan sejumlah tujuan wisatanya yang unik dan pastinya memperluas wawasanmu. Tidak terkecuali kalau kamu mengunjungi Taman Cerdas Jebres. Sebenarnya masih ada banyak taman yang bisa dikungjungi di kota Solo, selengkapnya ada di www.traveloka.com ya! Untuk tulisan kali ini fokus Taman Cerdas Jebres yang harapannya kalau datang kesini jadi cerdas dan berprestasi.

Taman Cerdas Jebres


Taman ini merupakan tempat wisata di Solo yang dibangun pada tahun 2013. Didirikan di atas lahan seluas 3,5 hektar, pembangunan taman yang membutuhkan dana 4 miliar ini menyediakan berbagai fasilitas yang sangat bermanfaat, tidak hanya menghibur tetapi juga mencerdaskan, terutama untuk anak-anak.

sumber:Taman-Cerdas-Kelurahan-Jebres (facebook)
Di taman ini, kamu akan menemukan banyak ruangan dengan peruntukan masing-masing, antara lain: arena bermain untuk anak-anak, perpustakaan, ruang IT, ruang serbaguna, ruang teater terbuka, ruang gamelan, dan ruang audio visual yang dilengkapi dengan radio anak. Singkatnya, tempat ini sangat nyaman untuk kamu yang ingin bermain sambil belajar bersama anak atau keponakan, juga buat kamu yang ingin mendapatkan informasi melalui perpustakaan. Buat kamu yang ingin mengenal lebih dalam dengan gamelan, kamu juga bisa datang ke tempat ini.

Ada Banyak Lukisan 3 Dimensi di Taman Cerdas Jebres


Sebagai wahana bermain, di Taman Cerdas Jebres ini juga terdapat banyak sekali lukisan 3 Dimensi yang dilukis pada dinding sisi selatan aula. Lukisan-lukisan ini dibagi menjadi beberapa tema, yang memang selain sebagai tempat yang menyenangkan untuk bermain, juga dimaksudkan untuk menjadi background yang sangat unik untuk selfie.
Yang pertama, pada bagian paling timur terdapat lukisan gajah 3 dimensi. Lukisan gajah itu tentu dibuat seolah-olah keluar dari dinding. Lalu, terdapat pula lukisan burung yang terbang di dekat jendela. Sementara pada bagian lantai di sebelah selatan tembok terdapat lukisan panorama dalam laut, yang lengkap dengan berbagai ikan, terumbu karang dan lumba-lumba. Tema angkasa raya juga diangkat, dengan melukis galaksi Bima Sakti dengan planet lengkap, berikut matahari dan bintang-bintang.


sumber:surakarta.go.id

Tidak hanya itu, di taman ini juga terdapat patung robot dan patung dinosaurus yang bukan hanya membuat suasana jadi seru, tetapi juga menjadi media pengetahuan bagi anak-anak. Selain itu, di tempat ini juga dibuat air mancur menari, yang pastinya akan melengkapi suasana, menjadi tambah semarak.

Taman Cerdas Jebres memang selalu ramai oleh pengunjung. Biasanya, anak-anak sangat senang dengan wahana yang penuh warna, dengan berbagai gambar 3 dimensi. Sementara, orang dewasa kebanyakan lebih suka memanfaatkan Wi-fi sambil menikmati suasana. Tempat ini memang menyediakan jaringan internet yang bisa kamu gunakan ketika berkunjung ke tempat ini.

Tetapi jangan salah. Banyak juga mahasiswa yang datang, baik untuk mengerjakan tugas di perpustakaan, ataupun bersantai. Mungkin karena lokasinya yang tidak jauh dari UNS, dan masuknya juga gratis jadi tidak memberatkan kantong.

Lokasi Taman Cerdas Jebres


Untuk kamu yang ingin berkunjung, Taman Cerdas Jebres berada di Jl. Ki Hajar Dewantara, Jebres. Taman ini terletak di sebelah utara Universitas Negeri Solo dan berada sekitar 300 meter di belakang Technopark. Banyak moda transportasi yang bisa kamu gunakan, seperti ojek, taksi atau becak yang banyak tersedia.

Bagaimana mengenai tiket masuk? Ternyata, untuk masuk ke tempat wisata di Solo yang terbilang mewah ini tidak memerlukan tiket alias gratis, lho! Kamu hanya perlu membayar parkir, sekiranya kamu datang menggunakan kendaraan pribadi.

Wuih, boleh banget nih buat kamu yang mudik ke Solo mengunjungi taman ini, bisa tamasya sambil belajar!