Waspada Fenomena ADM (Artis Dunia Maya) di Kalangan Pelajar!

Sabtu, 13 Mei 2017


Beberapa waktu lalu kami sempat dihebohkan dengan beredarnya istilah ADM di kalangan pelajar. Setelah ditelusuri, akhirnya terjaring puluhan pelajar yang dicurigai sebagai ADM ini. Sebenarnya ADM itu apa sih? Mengapa para pelajar ini memilih menyebut diri mereka sebagai ADM? Buat yang belum tahu apa itu ADM, yuk baca lebih lanjut.

ADM adalah singkatan dari Artis Dunia Maya. Mereka yang aktif, eksis, tiap hari tiap jam dan tiap menit di media sosial. Boomingnya di Facebook dan Instagram. ADM ini akan memosting foto ataupun status yang bisa bikin viral ataupun bikin para orang tua geleng-geleng kepala melihatnya.

Sebut saja yang pernah saya baca, hasil kepo obrolan anak-anak di sekolah. Ada singkatan seperti ini AHGMP ( Anak hasil goyangan mama papa) *dikira gempa apa? 😂
Atau update status nyebut nama binatang, kata-kata jorok, bahkan foto 'mesra' sama temen lawan jenis. Rangkul-rangkulan, cium kening, buka aurat yang dilarang... 😑

OMG!
Dunia pendidikan mulai tercemar. Semua karena pengaruh zaman digital. Jadi, buat para orangtua, tips berikut mungkin berguna:
1. Update informasi anak di sekolah, bagaimana hasil belajarnya atau lingkungan pertemanannya
2. Batasi penggunaan gadget, jika perlu jangan beri smartphone hanya karena gengsi.
3. Pantau lingkup pergaulan sehari-hari, ajarkan anak untuk selalu pamit sebelum pergi. Beri jam batasan dia harus pulang jam berapa dan dengan siapa
4. Kepo media sosial anak dan cek smartphone mereka secara berkala
5. Ajak guru/wali kelas/teman dekatnya untuk bekerjasama mengawasi anak saat di sekolah
Ih, kesannya parno banget ya?  Waspada perlu, tapi jangan sampai mengekang. Salah salah malah si anak kabur karena merasa di penjara.

Terus buat para pelajar mungkin kamu perlu melakukan beberapa hal ini,
1. Tetapkan jam berapa kamu mengakses smartphone atau media sosial
2. Batasi pergaulan dengan teman yang sepertinya memberi dampak negatif, misalnya hobi begadang, main ke warnet, ngelem, nerokok, nongkrong ga jelas setelah pulang sekolah, dll
3. Fokuslah belajar, batasi pergaulan dengan lawan jenis apalagi upload foto amoral di media sosial. Ga usah minder dibilang jomblo, toh yang usianya di atas kamu aja selow
4. Tingkatkan iman dan takwa dengan cara berkumpul dengan orang Soleh maksudnya gabung RISMA atau gali potensi yang bermanfaat melalui berbagai ekskul di sekolah
5. Laporkan ke orangtua atau guru jika ada perbuatan yang tak menyenangkan yang kamu alami, ga perlu takut kalau tidak salah sebab korban selalu dilindungi

Yup! Jadi buat para pelajar dan orangtua, tetap waspada dengan berbagai fenomena yang mungkin muncul di dunia ini. Selamat belajar!

Baca juga Fenomena Blue Whale Challenge Game Berbahaya Bagi Remaja
10 komentar on "Waspada Fenomena ADM (Artis Dunia Maya) di Kalangan Pelajar!"
  1. sumpah ini yang suka kesel mba kalo buka ig, lepas kontrol dari orang tua anak bisa jatuh ke pergaulan ga bener. Anak seumur2 itu lagi pada cari jati diri dan mencoba segala sesuatu yang baru. Coba deh perhatiin yang ada tagal ngehits jeh isinya anak abg semua. Waktu pulang kopdar dari media center kemaren, ada mba sekelompok abg cewe ngerokok dan berpakaian ala ala selebgram gitu. Miris ngeliatnya

    BalasHapus
  2. Widih mbaa.. jangankan di luar, di sekolah aja rasanya panas dingin liat kelakuan para remaja ini. Tren mereka aneh-aneh ��

    BalasHapus
  3. ortu sgt berperan disini tak lantas menyerahkan anak sepenuhnya ke pihak sekolah tnp monitoring 😩 , smg aku mampu mendidik anak2ku kelak dg baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiinn semoga ya mba. kontrol ortu emang penting

      Hapus
  4. aneh-aneh anak zaman sekarang ya.. kembali lagi ke bimbingan ortu dan lingkungannya.. perlu didoktrin bahwa dunia maya akan bermanfaat untuk hal-hal positif ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba. sebenarnya anak-anak ini tahu, hanya aja kurang kontrol dari lingkungan

      Hapus
  5. Zaman kita sekolah dulu gadget berperan sebagaimana fungsiny
    Sekarang anak abg bikin ngelus dada
    Ini jg yg aku cemaskan waktu anakku gede mba
    Semoga kita bisa membimbing anak2 kita ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aammiinn mbaa... zaman anak kita nanti entah seperti apa bahayanya

      Hapus
  6. Duh mbak, anak zaman sekarang memang harus benar2 diawasi, jauh beda dengan zaman kita dulu. Sekarang mah miris banget lihat kelakuan anak2 akibat pengaruh gadget

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, pengawasan dari ortu harus ada ga bisa ngandelin sekolah aja

      Hapus

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Silakan tinggalkan komentar yang bermanfaat

Auto Post Signature

Auto Post  Signature