3 Produk Aca Kumala yang Wajib Kamu Coba

Jumat, 19 Maret 2021

Aca Kumala adalah merk dagang dari berbagai makanan ringan dari Bengkulu. Mulai dari basreng, keripik pisang, sambal tutus ikan asap, dan ikan asap laut. Nah, kali ini aku mau review 3 produk best seller dari Aca Kumala.

3 Produk Aca Kumala
3 Produk Best Seller dari Aca Kumala


1. Basreng Ikan Aca Kumala

Basreng atau bakso goreng, adalah camilan yang enak disantap saat bersantai. Basreng dari Aca Kumala terbuat dari ikan Selengek. Ikan selengek adalah ikan laut perairan dangkal. Sebagai kota yang memiliki pantai panjang, di Bengkulu tentu saja mudah untuk mendapatkan ikan segar yang bisa diolah kembali. 

basreng ikan aca kumala
Kelihatan ya betapa kriuknya basreng ikan dari Aca Kumala ini


Tekstur dari basreng ikan Aca Kumala mirip kerupuk. Agak tebal, namun begitu renyah ketika digigit. Bahasa kerennya crispy. Tidak keras sama sekali. Kalau sudah mulai mencicipi pasti rasanya mau langsung dihabiskan sekaligus. (Pengalaman di rumah ini... 😄).

Basreng identik memang dengan rasanya yang pedas. Akan tetapi Aca Kumala juga menyediakan basreng dengan rasa original. Jadi bagi yang tidak suka camilan pedas, tetap bisa mencicipi makanan ini. Rasanya tak kalah gurih dengan basreng yang pedas.

Nah, untuk harganya sendiri cukup terjangkau. Kemasan 100 gram (seperti di foto) hanya Rp.10.000.

Jika ingin beli dalam jumlah banyak, maka kamu bisa beli seharga Rp. 80.000 untuk satu kilo basreng ikan Aca Kumala.


2. Keripik Pisang Kepok Aca Kumala

Aca Kumala juga memproduksi keripik pisang rasa original. Spesialnya bahan baku dari keripik pisang Aca Kumala, menggunakan pisang kepok dari Pulau Enggano. Pulau yang masih berada di perairan Provinsi Bengkulu. Dimana pisang kepok dari Enggano ini terkenal dengan buahnya yang berukuran besar. Selain itu pisang kepok di Enggano memang merupakan komoditi daerah, yang artinya memberikan pendapatan finansial bagi masyarakatnya. Pisang kepok Enggano juga sering dipasok ke kota-kota besar untuk dijadikan bahan baku pembuatan keripik pisang.

keripik pisang Aca Kumala
Keripik pisangnya gurih dan renyah

Tekstur keripik pisangnya tipis dan tentu saja renyah. Rasanya hanya ada sedikit rasa asin gurih saja. Harga dalam kemasan di foto hanya Rp.10.000. Sedangkan jika ingin membeli lebih murah, bisa beli kiloan. Harga satu kilonya Rp. 60.000.


3. Sambal Tutus Ikan Laut Asap Aca Kumala 

Produk ketiga yang wajib dicoba adalah sambal tutus ikan laut asapnya. Terbuat dari ikan asap Mayung. Pengolahan ikannya dengan cara diasapi (dipanggang) hingga memiliki cita rasa yang khas. Kemudian ikan asap ini ditutus menjadi bagian yang lebih kecil untuk kemudian dicampurkan ke sambal.

Setelah matang, sambal ikan asapnya dikemas dalam botol plastik. Diberi segel agar terjamin kualitas dan kebersihannya.

sambal tutus ikan laut asap aca kumala
Sambalnya dikemas dalam botol dan praktis dibawa-bawa

Tentu saja sambal tutus ikan laut asap ini enak banget dijadikan teman makan nasi. Harga perbotolnya sendiri hanya dibanderol Rp. 25.000.

Murah dan tentunya praktis banget. Gak repot giling-giling cabai dulu. Tinggal ambil nasi dan makan aja.


Tempat Pembelian

Aca Kumala cukup baik dalam hal pemasaran dan distribusi produk. Semua produknya bisa dibeli langsung ke Aca Kumala atau  di beberapa gerai makanan kota Bengkulu. Bahkan saya pernah menjumpai produk ini di toko pakaian perlengkapan bayi langganan di kota Bengkulu.

Jika Anda ingin melihat testimoni konsumen lainnya bisa kunjungi akun Instagram Aca Kumala Home Industri atau bisa juga menghubungi alamat dan nomor kontak berikut ini:

Aca Kumala Home Industry

Jl. KS. Tubun Ujung No. 32 RT. 12
Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka
Kota Bengkulu
(Dekat Polsek Gading Cempaka/SMPN 18 Kota Bengkulu)

Narahubung:
Yeni Kumala (WA +62813-6376-0871)





Post Comment
Posting Komentar

Sila berkomentar dan bertanya 😊 Semua komentar dimoderasi ya

Auto Post Signature

Auto Post  Signature