Pengalaman Pertama Mengikuti Olimpiade Guru

Kamis, 18 Mei 2017


Salam Guru!
Sudah baca postingan saya yang lalu tentang OGN 2017 yang mengulas kisi-kisi soal dan waktu pelaksanaan?

Nah, kali ini saya mau cerita pengalaman saya pertama kali mengikuti Olimpiade Guru untuk SD dan SMP yang kebenaran untuk tingkat Kota Bengkulu telah dilaksanakan tanggal 18 Mei 2017 di Hotel Graha Asia Kota Bengkulu. 

Check-in peserta dimulai pukul 08.00 dengan mengisi lembar biodata dan melengkapi persyaratan berupa surat tugas dari kepala sekolah, copy SK CPNS dan SK terakhir bagi guru PNS atau SK dari yayasan untuk sekolah swasta, serta copy NUPTK. Setelah didata ternyata ada 37 orang guru yang terdaftar sebagai peserta OGN untuk guru kelas SD dan 53 orang guru SMP. Guru SMP sendiri terbagi lagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

OGN ini dibuka dengan kata sambutan dari Kepala Dinas Diknas Kota Bengkulu, Ibu Rosmayetti  sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan bahwa sebagai guru harus meningkatkan kompetisi dan bekerja dengan ikhlas demi kemajuan pendidikan khususnya di Kota Bengkulu.

Tepat pukul 10.00 WIB olimpiade guru di mulai. Setiap guru diberikan naskah soal dan satu kertas jawaban sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Saya ikut untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Artinya saya harus berhadapan dengan 40 soal multiple choice. Setelah saya amati soal tersebut terdiri dari 32 soal reading text dan 8 soal grammar. Sesuai dengan kisi-kisi yang sudah saya bagikan di postingan yang lalu. Perhitungan nilainya, jika jawaban benar skornya 4, jawaban salah skornya -1, tidak menjawab skornya 0. Saya dong dengan pedenya jawab semua. Biar puas. 
Prinsipnya begini, ketimbang saya ga dapat apa-apa karena tidak melakukan apa-apa, lebih baik saya melakukan sesuatu dan minus satu serta tahu letak kesalahan dan syukur alhamdulillah kalau benar semua. Betul?
Waktu menjawab soal itu sendiri 120 menit. Cukup panjang menurut saya untuk mengecek ulang hasil pekerjaan kita. Saya sih ga yakin juga bakalan menang, soalnya saingannya best teacher semua. Eh, tapi rezeki ga tau ya... jika Allah mengizinkan bisa aja melaju ke tingkat provinsi dan lanjut ke tingkat nasional. Pengumumannya katanya sih sore ini. Kita tunggu aja ya... Semangat belajar! 😊
10 komentar on "Pengalaman Pertama Mengikuti Olimpiade Guru"
  1. Semoga menang ya...ternyata ada juga olimpiade guru. Ikutan yang SD dan SMP ya bu? Keren banget...soalnya banyak ya eh waktu mengerjakannya lebih sedikit. Semangat yach bu guru! Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga bu, ikutnya yang SMP aja bu

      Hapus
  2. baru tau kalo ada olimpiade guru,, semoga menang buk guru...

    BalasHapus
  3. Semoga sukses, jumat ini mulai lagi untuk tingkat provinsi ya.

    BalasHapus
  4. Ini nih guru-guru keren. Ikutan olimpiasde juga, jadi ga nyuruh-nyuruh muridnya aja yang ikutan. Semoga sukses mbk.............smngat

    BTW pegumannya dah keluar belum? Gimana hasilnya?

    BalasHapus
  5. Ada juga ya Olimpiade Guru? Kirain cuman buat anak aja

    Kalo saya sendiri sebagai orangtua pernah punya pengalaman saat mempersiapkan anak ke Kompetisi Sains Madrasah ( OSN nya madrasah)

    Salam kenal dari Medan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada bu biar gurunya juga semangat belajar lagi
      salam kenal dari Bengkulu

      Hapus

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Silakan tinggalkan komentar yang bermanfaat

Auto Post Signature

Auto Post  Signature