Procedure Text: How to Make Sandwich

1 komentar
Procedure text is a text that is designed to describe how something is achieved through a sequence of actions or steps”. Jadi yang dimaksud dengan procedure text adalah sebuah genre of text yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dilakukan atau dicapai melalui urutan tindakan atau langkah yang benar. (www.inggrisonline.com)

Tujuan komunikatif dari procedure text adalah bagaimana seorang penulis mampu memahamkan pembaca tentang cara melakukan, menyelesaikan atau mencapai sesuatu dengan cara yang runtut dan benar atau prosedural.

Struktur teksnya terdiri dari:
  1. Goal atau tujuan, yaitu penjelasan tentang apa yang akan dibuat atau dicapai melalui serangkaian langkah yang akan dijelaskan pada paragraf berikutnya
  2. Materials/ingredients, yaitu materi atau bahan-bahan yang harus dipersiapkan atau dibutuhkan agar sesuatu tersebut dapat dicapai
  3. Steps atau langkah-langkah yang harus dilakukan secara runtut atau urut
Nah, setelah para pelajar ini diberikan contoh-contoh procedure text dan latihan soal, mereka dimina untuk membuat teks prosedur secara tertulis, kemudian memvisualisasikan teks yang mereka buat ke dalam bentuk video.

Yuk, kita lihat salah satu contoh videonya di bawah ini:




Sudah dilihat videonya?
Sudah taukah apa tujuan, bahan dan langkah-langkahnya?
kalau sudah, kamu bisa tulis jawaban kamu di kolom komentar di bawah.
Yuk, belajar bersama!

1 komentar

Sila berkomentar dan bertanya 😊 Semua komentar dimoderasi ya