Cakupan Materi Bahasa Inggris pada Olimpiade Guru Nasional 2018

Kamis, 29 Maret 2018

Cakupan Materi Bahasa Inggris pada Olimpiade Guru Nasional 2018 termuat pada pedoman OGN Dikdas 2018. Berdasarkan pedoman tersebut, berikut ini materi yang diperkirakan akan muncul:
  1. Mampu memahami, mengaplikasikan dan menalar tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks pendek (kurang dari 50 kata), medium (antara 50-125 kata) maupun panjang (antara 125-200 kata) yang mencakup: transaksional dan interpersonal; deskriptif; prosedur; naratif; eksposisi; recount (menceritakan kembali); berita; laporan. 
  2. Mampu menggunakan ungkapan-ungkapan interaktif dengan siswa untuk pembelajaran teks di dalam kelas. 
  3. Mampu menulis teks dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan tujuan dan konteksnya.
  4. Mampu menghasilkan karya ilmiah tentang teks pembelajaran teks. 
  5. Mampu mengomunikasikan karya ilmiah tersebut di poin Nomor 4 dalam bentuk presentasi. 
Berdasarkan pengalaman saya saat mengikuti olimpiade guru Bahasa Inggris tingkat provinsi, bisa saya simpulkan bahwa seluruh soal yang ada memiliki karakteristik soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Diperlukan analisis dan pemahaman yang benar-benar baik agar mampu menjawab soal.

Rata-rata soal untuk materi profesional yang ada saat itu, berupa teks berita, laporan, recount dan eksposisi. Sedangkan untuk soal pedagogik berupa studi kasus. Ada 100 butir soal berbentuk pilihan ganda yang harus dijawab dalam waktu 180 menit.

Jika lolos ke tingkat nasional, siap-siap menghasilkan karya ilmiah dan mempresentasikannya. Info selengkapnya silakan buka Pedoman OGN Dikdas 2018
Post Comment
Posting Komentar

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Silakan tinggalkan komentar yang bermanfaat

Auto Post Signature

Auto Post  Signature