PDFJoiner Aplikasi untuk Menggabungkan Dokumen PDF secara Online dan Gratis

1 komentar
PDFJoiner:


Halo!
Saya masih sibuk ngurusin syarat administrasi untuk mengikuti seleksi Olimpiade (OGN) 2018. Ternyata eh ternyata, filenya harus dalam bentuk PDF. Alhasil, harus di-scan terlebih dahulu dan disimpan ke dalam bentuk dokumen PDF. Caranya? Boleh pakai printer yange bisa scanning, boleh juga pakai aplikasi smartphone.

Nah, saya sudah coba nih pakai scanning printer kebenaran di sekolah ada, jadi numpang scan. Hehehe... Sesuai berkas administrasi yang diminta ada 4 file: surat pernyataan, surat keterangan telah mengikuti UKG, surat keterangan sedang tidak bertugas sebagai kepala sekolah, dan surat izin mengikuti OGN.

Ternyata dan kenyataannya lagi, 4 file tersebut harusnya dijadikan dalam satu file bentuk PDF bukan terpisah 4 PDF. Jadi, sudah saya coba dengan adobe reader biar bisa nyatuin filenya ternyata (lagi) harus upgrade Adobe ke premium. Biayanya lumayan lagi, 200K/bulan. 

Akhirnya, googling  cara menyatukan file yang harusnya bersatu ini. Taraaa... Ketemu deh caranya, pakai PDFJoiner. Aplikasi edit file PDF secara online ini gampang banget makenya.
Caranya:

  1. Pastikan laptop terkoneksi ke internet dan file PDF yang mau disatukan sudah tersimpan di laptop
  2. Buka laman PDFJoiner,
  3. Drag and drop file PDF yang masih terpisah ke dalam kolom bertanda drop here
  4. Susun urutan file sesuai dengan kebutuhan
  5. Kalau sudah, klik combine PDF dan 
  6. Download sebagai satu file utuh
  7. Beri nama file sesuai dengan isi PDF-nya, misal: Berkas administrasi OGN 2018 Dwi Apura Meity


Nah, gampang kan? Selanjutnya tinggal daftar OGN dan upload ke akun masing-masing di www.kesharlindungdikdas.id. Kalau kamu ada cara lainnya boleh juga loh share di kolom komentar.

Cara daftar OGN-nya nantikan di postingan berikutnya, ya? 😉

1 komentar

Sila berkomentar dan bertanya 😊 Semua komentar dimoderasi ya