Rumah Juara: Aplikasi Belajar Anak Masa Kini

Sabtu, 03 Maret 2018

Selamat Tinggal Cara Belajar Lama, Selamat Datang Gaya Belajar Baru.

Rasanya perkembangan teknologi dan pertukaran informasi sangat cepat terjadi di era sekarang. Belum lagi dengan adanya sosial media dan internet. Kita semakin cepat mendapatkan informasi yang ingin kita cari. Tidak hanya para pekerja dan orangtua saja yang kemudian mengandalkan kemajuan teknologi ini. Anak masa kini, atau yang sering kita sebut dengan generasi Z turut memanfaatkan hadirnya teknologi.

Sangat berbeda dengan era di mana teknologi belum secanggih sekarang. Untuk membeli dan mendapatkan gadget, biasanya harus melalui menabung, meraih prestasi, atau saat usia sudah cukup remaja. Namun berbeda dengan sekarang. Beberapa perusahan besar pembuat gadgetjustru tengah menyasar pasar anak generasi Z. Mengapa? Ya, karena suka tidak suka, pengguna internet kita semakin meningkat, khususnya pengguna internet pada usia di bawah 17 tahun.

Hadirnya internet pun memberi warna di kehidupan kita. Ada yang kecanduan dan membuat lupa berinteraksi dengan lingkungan sekitar, bahkan yang baru-baru ini, kecanduan gadget mengganggu kejiwaan. Seburuk itukah kehadiran gadget?


Sebagai orangtua, tentu kita sangat takut akan dampak negatif gadget. Tapi mau bagaimanapun, anak sangat sulit dijauhkan dari gadget. Lalu, bagaimana caranya ya?

Dari beberapa referensi yang saya dapatkan di internet, kehadiran teknologi tidak dapat dijauhkan dari manusia. Karena bagaimanapun, manusia modern telah bergantung banyak kepada teknologi khususnya gadget dalam urusan mendapatkan informasi, menunjang pekerjaan, dan fungsi utamanya sebagai komunikasi. Adapun yang harus dicegah dari salahnya penggunaan gadget adalah memanfaatkannya untuk kejahatan maupun kriminal, dan aktivitas lainnya yang mengganggu kehidupan sosial kita.

Hal ini juga yang kemudian ditangkap baik oleh pendidikan kita. Di mana beberapa sekolah, sudah memasukkan muatan lokal mata pelajaran TIK untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas. Begitu pula di sekolah dasar. Komputer sudah mulai dikenalkan kepada siswa SD.

Untungnya, kemajuan teknologi ini juga diikuti dengan adanya aplikasi belajar yang menyenangkan untuk anak. Salah satunya adalah Rumah Juara.



Aplikasi Rumah Juara didesain menjadi media interaktif yang menyenangkan untuk guru dan anak. Tak hanya itu, di Rumah Juara juga tersedia beberapa game yang saya lihat memang dikhususkan untuk mengasah kemampuan anak sesuai dengan tingkat kelasnya. Seperti permainan menghitung, dan melakukan percobaan/ peragaan.

Aplikasi yang sudah digunakan di 33 provinsi ini ternyata juga menggunakan acuan kurikulum nasional yang dikeluarkan oleh pemerintah, yaitu Kurikulum 2013 (K13). Jadi, para orangtua yang menyekolahkan anaknya di sekolah negeri tidak perlu khawatir lagi jika anaknya belajar menggunakan Rumah Juara. Beberapa fitur menarik yang wajib dicoba adalah media interaktif, bank soal, dan ebook.





Memanfaatkan teknologi untuk mendidik anak di rumah, mengapa tidak? Saya mencoba mengunduh aplikasi Rumah Juara untuk menjadi teman belajar anak saya di rumah. Meskipun anak saya masih usia TK, namun Anak saya tertarik untuk belajar menggunakan aplikasi ini karena media interaktif di dalamnya berisi banyak video animasi, game, dan audio yang memang saya butuhkan untuk mengasah keterampilannya dan meningkatkan pengetahuannya.

Urusan mengajar di rumah semakin mudah. Saya bisa memantau dan mendampingi anak saat belajar. Kuota internet yang ada pun akhirnya tidak percuma. Anak bisa memaksimalkan penggunaan gadget untuk kepentingan belajar.

Oh ya, bagi orangtua yang memiliki profesi sebagai guru. Di Rumah Juara juga disediakan kolom kontribusi. Di sini, para guru SD dapat mengirimkan karyanya dalam bentuk soal, game, video, audio, maupun mengajak guru/ orangtua bergabung bersama Rumah Juara. Apa benefitnya? Setiap 5.000 poin yang sudah terkumpul, dapat ditukarkan dengan hadiah gadget. Wow, menarik sekali ya! Program ini berlaku mulai Maret hingga Juni 2018. Yuk, buruan mendaftar dan unduh aplikasinya melalui PlayStore!



19 komentar on "Rumah Juara: Aplikasi Belajar Anak Masa Kini"
  1. Halo mba, Asik nih kalau ada aplikasi belajar anak yang emang sangat membantu ya mba

    BalasHapus
  2. Ada bank soalnya.., bagus untuk latihan belajar..jadi para bunda gak perlu ngarang soal..buat belajar di rumah..

    BalasHapus
  3. Wah keren banget ini. Jadi gadget bukan sekedar untuk main aja, tapi juga buat belajar.

    BalasHapus
  4. wah keren nih, jadi anakpun bisa main gadget sambil belajar. Guru juga bisa termotivasi untuk semakin berkontribusi pada dunia pendidikan ya mba

    BalasHapus
  5. Kalo unyuk beginian kuota habis mah gak apa kan ya mbak? Hehe

    BalasHapus
  6. Wah prestasi anak meningkat dengan cara mudah, gadget adalah teman bermain anak zaman now

    BalasHapus
  7. Asikkk...ada HP gratis untuk 5000 point, sayang bukan guru SD hehehee.....andai guru SD dah kirim Ze pasti mbak

    BalasHapus
  8. Wah menarik amaat, ada poin dan hadiaah

    BalasHapus
  9. wah bagus nih biar anak-anak gak kecanduan gadget

    BalasHapus
  10. Menarik ya. Keren banget ada media untuk orang tua dan anak belajar bareng-bareng. Sekarang mudah kalau mau belajar sama anak-anak.

    BalasHapus
  11. Berarti sebagai anak-anak bisa belajar, sebagai guru pun bisa berkontribusi untuk bahan materi yakk,, Semoga aplikasi ini bisa tetap berkembang dan memberikan benefit yang lebih dan lebih lagi buat bangsa ya mbak.. aminnnn

    BalasHapus
  12. Keren idenya, anak, ortu, guru jd bisa sama2 belajar.
    Wah sayang saya bukan guru, bisa nih ntr diinfokan ke teman yang guru biar bisa dapat poinnya :D TFS

    BalasHapus
  13. ini bagus buat kid zaman now, kek nawra, yang senang hal yang mudah, jadi main henpon tapi belajar

    BalasHapus
  14. Ada ebooknya! Bisa membantu anak untuk terbiasa membaca nih.

    BalasHapus
  15. Daripada kecanduan gadget untuk sekadar main game, lebih baik dimanfaatkan untuk belajar ya mbak.

    BalasHapus
  16. Wah.. orangtua zaman now musti download aplikasi ini ya kak, berguna banget untuk mendampingi anak saat belajar

    BalasHapus
  17. Bagus bangett nih buat guru, orang tua dan anak, jadi mobile belajarnya bisa dimana aja

    BalasHapus
  18. Keren bgt mbk.. kekinian dan sgt brmanfaat ya... baik utk diunduh.. mantap!

    BalasHapus

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Silakan tinggalkan komentar yang bermanfaat

Auto Post Signature

Auto Post  Signature