Dimana Saja Belajar Konsep Pendidikan Zaman Now dari IKIN School

Kamis, 28 Juni 2018

Dimana saja belajar – Konsep Belajar Zaman Now dari IKIN School

Belajar biasanya identik dengan sekolah. Dimana ada ruang kelas, guru, siswa, kurikulum dan sebagainya. Sampai saat ini pun khususnya di Indonesia masih menerapkan pendidikan konvesional seperti ini. Dimana para siswa duduk di dalam kelas untuk mendapatkan ilmu dari gurunya. Belum lagi tuntuntan kurikulum yang berubah-ubah dan kadang tidak diikuti oleh perubahan kualitas proses pembelajaran.

Oleh karena itu guru yang sedari dulu dianggap sebagai sumber informasi tunggal dituntut untuk mengembangkan dirinya, membuat inovasi pembelajaran yang tepat di kelas, meningkatkan kemampuan teknologi dan komunikasi agar  bisa membawa para siswa bersaing di dunia kerja nantinya. Sedangkan di zaman now, para siswa bisa mendapatkan informasi dari mana saja dengan mudah karena perkembangan teknologi dan informasi. Maka diperlukan perubahan proses belajar mengajar yang bisa membuat guru dan siswanya memperoleh dan mengolah ilmu dengan cara yang berbeda.

Memperhatikan hal tersebut, saya membaca informasi mengenai sebuah sekolah dengan konsep berbeda. Sekolah yang bisa menjadi salah satu alternatif pilihan sekolah dengan konsep tanpa ruang. Sekolah yang mengusung slogan “Dimana Saja Belajar” menggunakan perpaduan sistem boarding school, home schooling, dan pembelajaran jarak jauh.

IKIN School : Sekolah Kesetaraan SMP Berbasis Minat dan Bakat.

Kenalan Yuk dengan IKIN School

IKIN School adalah sebuah sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Insan Kaya Inisiatif Nusantara. Pendiri yayasan ini Yaitu Bapak Ikin Ahmad Sodikin, S.AgM.Ud, MA, Ibu Yuliana Shinta Dewi, S.Pd, dan Bapak Aos Abdul Gaos, SE, M.Ud, MA

Sesuai dengan informasi di situsnya, IKIN adalah suatu gerakan untuk memberikan sumbang pemikiran kepada seluruh rakyat Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan hidupArtinya sekolah ini lebih menekankan kepada pengembangan diri ketimbang  hanya duduk di dalam ruangan kelas.

Bahkan sekolah ini memiliki kegiatan yang dinamai TOP-D (Training Optimalisasi Potensi Diri) bagi para siswa dan juga terbuka untuk siswa dari sekolah lain sebagai kegiatan pendukung pengembangan diri siswa.
Kegiatan TOP-D IKIN School: Mengajak peserta untuk meyakini bahwa Tuhan Yang Maha Esa itu Maha Kasih Sayang.
Sebuah pengembangan diri dan karakter religius yang baik sekali ditumbuhkan pada siswa.


Berdasarkan informasi yang saya baca melalui website http://www.ikin-school.com/ Sekolah ini menawarkan beberapa program, yakni:

1. Kelas Reguler, yang meliputi:

  •   Pembelajaran Jarak Jauh
  •   Ujian Persamaan

 2. Kelas Eksekutif, yang meliputi:
  • Pembelajaran Jarak Jauh
  •  Ujian Persamaan
  • Pembekalan Basic Skill (6 Bulan) yang terdiri dari: Bahasa Inggris Percakapan, Bela diri Praktis, Budaya Nasional, Keterampilan Menulis, Menyalurkan minat dan bakat, dan Kewirausahaa
  •  Pembelajaran Berbasis Project

Mata pelajaran yang ditawarkan di sekolah ini hampir sama dengan sekolah lainnya. Hanya saja jika kurikulum 2013 SMP hanya menempatkan 10 Mata Pelajaran, sekolah ini menawarkan 12 mata pelajaran.

Berdasarkan pembekalan basic skill yang tertera di atas, bisa dipetakan nantinya siswa lulusan sekolah ini mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain. Hal ini sesuai dengan visi dan misi mereka.

Visi & Misi IKIN School

Visi

Terwujudnya lembaga pendidikan non formal yang maju, menghasilkan peserta didik yang senang belajar, berkarakter tangguh dan berwawasan global.

Misi

  1. Menggunakan Information Communication and Teknologi dalam pembelajaran
  2. Memupuk minat dan bakat peserta didik
  3. Membekali peserta didik dengan karakter tangguh
  4. Mampu berkomunikasi di dunia global
  5. Menanamkan nilai-nilai kebangsaan

Tujuan

  1. Mampu menggunakan perangkat komunikasi berbasis internet
  2. Berprestasi dalam bidang yang menjadi minat dan bakatnya
  3. Mampu menghadapi berbagai kendala dalam kehidupan
  4. Menguasai bahasa Inggris dengan baik sebagai bahasa pengantar komunikasi global
  5. Menguasai salah satu kesenian daerah

Sekolah yang berlokasi di Telaga Kahuripan, BIP Blok A2 No 1-2, Parung Bogor ini menerima siswa baru dan pindahan setara SMP tahun pembelajaran 2018 - 2019 yang berminat merasakan pengalaman belajar dengan konsep berbeda.

Tertarik dengan konsep dimana saja belajar dari IKIN School ini? Bisa menghubungi IKIN School melalui:

Telepon dan Email
Mobile : +62 818-143-482
Email : info@ikin-school.com
Selamat belajar! 

8 komentar on "Dimana Saja Belajar Konsep Pendidikan Zaman Now dari IKIN School"
  1. Semakin maju perkembangan zaman, sehingga belajarpun bisa dilakukan dimana saja.

    BalasHapus
  2. Keren sekolahnya mbak, bisa nanti direkomendasikan untuk sanka famili yang mau lanjut sekolah

    BalasHapus
  3. Ini namanya sekolah zaman now, seklah yang memungkinkan kita belajar dimana saja

    BalasHapus
  4. Di era disrupsi kayak gini, pengembangan karakter menjadi hal utama, sekolah ini Menawarkan hal tersebut, bisa direkomendasikan nih buat yang lain

    BalasHapus
  5. Asik ya mbk kalau bisa belajar dimana aja. Bagus juga jadi konsep sekolah.

    BalasHapus
  6. Daerah Bogor cukup dekat mbak dgn tempat tinggal saya. Pas nih buat direkomendasiin ke sepupu yang nyari sekolah buat anaknya

    BalasHapus
  7. Kece sekelolahnya mba. Anti mainstream. Bolehlah ni direkomendasikan ke sanak saudara yang pengen sekolah yang beda dari biasa ^^

    BalasHapus

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Silakan tinggalkan komentar yang bermanfaat

Auto Post Signature

Auto Post  Signature