Nyeleneh Tapi Selalu Dicari, Ini Lho Kuliner Bernama Unik Khas Surabaya yang Selalu Diincar

Senin, 18 Juni 2018
Masih suasana liburan dong? Jalan ke mana aja nih? Dana liburan yang terbatas bukan berarti jadi halangan untuk mengisi liburan loh. Cari saja daerah yang nggak terlalu jauh dan pilih akses transportasi yang mudah serta murah. Kali ini, jatuhkan pilihan pada Surabaya yang menyimpan aneka kuliner bernama unik dan selalu diincar para pelanocng yang datang ke Kota Pahlawan. Jangan tunda lagi, segera booking tiket bus dan jelajahi keunikan kulinernya berikut ini.

Nasi Goreng Jancuk


sumber:kabarwisata.com

Sebelum tren makanan dengan tingkat kepedasan merajalela, Nasi Goreng Jancuk kreasi koki Hotel Plaza Surabaya ini sudah mencuri hati pecinta pedas. Diambil dari umpatan khas Surabaya, ada cerita unik di balik pembuatan menu dengan porsi besar dan pedas yang menggelegar ini.
Awalnya, chef di hotel tersebut meracik nasi goreng dengan banyak cabai. Saking pedasnya, teman-temannya yang mencoba sampai mengumpat berkali-kali saat mencicipinya. Dari sini muncul nama nasi Goreng Jancuk yang selalu jadi favorit wisatawan.

Mi Pecun

sumber:travelingyuk.com

Mendengar nama kuliner khas Surabaya ini dijamin bikin dahi berkerut. Pasalnya, pecun merupakan sebutan pekerja seks komersial dalam bahasa Surabaya. Padahalnya, nama menu ini merupakan singkatan dari pedas racun yang diartikan sebagai luas biasa pedas. Buat yang udah punya tiket bus ke Surabaya nggak perlu bingung mencarinya, karena cabang Mi Pecun tersebar di beberapa area, salah satunya di Jalan Anjasmoro.

Rawon Setan


sumber:img.ulinulin.com

Sudah booking tiket bus ke Surabaya, jangan lupa mengagendakan rencana menjajal Rawon Setan. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Embong Malang ini sudah berjualan sejak tahun 1950. Namanya yang legendaris dan unik ini memang nggak ada kaitannya dengan hal-hal mistis atau menyeramkan, tapi berasal dari jam buka restoran yang nggak biasa, yaitu pukul 10 malam hingga 4 pagi.

Bebek Mercon

sumber:img.ulinulin.com

Warga Surabaya terkenal sebagai pecinta makanan pedas. Nggak heran jika kuliner khasnya dikenal dengan nama yang cukup unik, salah satunya Bebek Mercon. Kuliner bebek goreng yang satu ini memang punya citarasa yang tak biasa karena disajikan dengan campuran bumbu dan sambal yang meledak di mulut, seperti baru saja makan petasan atau mercon.

Rawon Kalkulator

sumber:travelingyuk.com

Satu lagi menu rawon yang jadi andalan Kota Surabaya. Tak perlu khawatir kelaparan bila tiket bus ke ibukota Provinsi Jawa Timur ini jadwal sampainya malam hari, sempatkan diri mengunjungi Rawon Kalkulator yang ada di Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo yang buka hingga jam 03.00 WIB. Namanya yang unik ini justru berasal dari kecepatan pelayan warung saat harus menghitung total biaya yang harus dibayar setiap pelanggan, yang dianggap menyamai kemampuan kalkulator.

Jangan sampai salah duga hanya gara-gara kuliner lezat ini punya nama tak biasa. Segera miliki tiket bus ke Surabaya sekarang juga, dan puaskan selera makanmu dengan sajian-sajian sedap ini.


10 komentar on "Nyeleneh Tapi Selalu Dicari, Ini Lho Kuliner Bernama Unik Khas Surabaya yang Selalu Diincar"
  1. Saking dahsyatnya, namanya jadi unik ya kak, menambah rasa penasaran ingin mencobanya.

    BalasHapus
  2. Namanya nyeleneh-nyeleneh ya mbak wkwk. Tapi penampakannya enyak-enyak. Jadi laperrr xD

    BalasHapus
  3. Kok namanya bisa horor-horor gitu mbak ya haha
    Manusia memang belum berubah, suka dengan yg aneh2 :D

    BalasHapus
  4. Saya pilih nasi goreng jancuk aja kalau begitu

    BalasHapus
  5. Pengen nyicip semuanya ni mbx.. Ngiler euy.. 😂

    BalasHapus
  6. Liat namanya kaget saya. Tapi kayaknya mrmang enak. Kalau berkesempatan ke sana mau coba.

    BalasHapus
  7. Asli mbk, makanannya buat ngiler semua. haha
    Menggugah selera...

    BalasHapus
  8. Aku noted kulinerannya nek ntar aku ke surabaya mbak, insyaallah mau cicip kulinerannya, tengkyu mbak apura

    BalasHapus
  9. Anu ya.. nasi goreng jancuk sudah tak ada di Hotel Plaza Surabaya semenjak tahun 2016. Bahkan Hotel Plaza Surabaya itu sudah tak ada lagi. Saya heran Traveloka masih menulis ini sewaktu kasih content placement ini.

    BalasHapus
  10. aku suka bgt rawon.. tp rawon yg taman kalkulator belum coba..
    oh ia aku ada pernah bikin list ticle 17 rekomendasi kuliner sby >> https://www.rizafirli.com/2018/01/17-rekomendasi-tempat-kuliner-saat.html

    BalasHapus

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Silakan tinggalkan komentar yang bermanfaat

Auto Post Signature

Auto Post  Signature