Yuk, Belajar Istilah Pipa Air dalam Bahasa Inggris

24 komentar

Beberapa Istilah Pipa Air dalam Bahasa Inggris

Disclaimer: Sebagian besar keterangan mengenai Pipa Air diambil dari website Rucika.

Halo, kali ini kita belajar kosa kata baru ya. Temanya mengenai Pipa Air. Wah, apa saja sih istilah-istilah mengenai pipa air dalam bahasa Inggris? Yuk, kita bahas bersama-sama.

Kalau kalian buka aplikasi atau web penerjemah, biasanya ketika kalian mengetik kata bahasa inggris dari 'pipa air' maka muncul frase, water pipe

Padahal ada juga sinonim kata lainnya seperti: hose dan hydrant.

Sedangkan jika pipanya berdiri sendiri (wow, magic!), kata bahasa Inggrisnya bisa menjadi: duct, tube, dan pipe.

Istilah lainnya juga berbeda ketika kata pipa ini disandingkan dengan kata/frase lainnya. Misalnya:

Pipa saluran air/pembuangan bahasa Inggrisnya drain pipe

Pipa penyalur/kanal bahasa Inggrisnya conduit

Pipa rambut (pipa berdiameter sangat kecil) bahasa Inggrisnya Capillary tube

Wah, ternyata banyak ya istilah-istilah dari pipa ini.


Beberapa Jenis Pipa Air dari Rucika 

Nah, kalau tadi kita belajar beberapa istilah mengenai pipa air dalam bahasa Inggris, tidak ada salahnya kalau kali ini kita membaca informasi berbagai jenis pipa air untuk berbagai keperluan.

  1. Rucika standard, adalah pipa PVC yang biasanya digunakan untuk sistem perpipaan air bersih.
  2. Rucika Kelen Green, adalah pipa yang bisa digunakan untuk saluran pipa air panas dan dingin.
  3. Rucika JIS, adalah pipa yang dikembangkan untuk instalasi pipa air minum di rumah atau gedung bertingkat.
  4. Rucika Kelox, adalah pipa yang mudah dibengkokkan, sehingga tidak perlu lem untuk menyambungkan. Pipa ini juga tahan suhu panas dan dingin serta berstandar foodgrade.
  5. Rucika Black, adalah pipa yang berwarna hitan. Fungsinya untuk pendistribusian air dalam sektor industri, pertanian dan perkebunan.

Rucika GAS, Pipa Khusus untuk Gas

Selain pipa yang digunakan untuk sistem pendistribusian air, Rucika juga memiliki pipa khusus yang sesuai untuk mendistrubusikan Natural Gas, LPG dan Biogas, yaitu Rucika GAS. 

Rucika TELECOM

Sesuai namanya, pipa dari PT. Wahana Duta Jaya Rucika ini dibuat khusus untuk melindungi kabel serat optik. Coba perhatikan deh, pipa pelindung kabel di rumah, merknya apa?

Bukan hal yang mengherankan ya, kalau kita menemukan pipa Rucika ini di berbagai tempat dan penggunaan yang berbeda. Sebab, brand Rucika ini sudah berdiri sejak tahun 1973. Juga menjadi salah satu produsen pipa terbesar di Indonesia. 

It's Time for Quiz!

Nah, seperti biasa karena ini tadi namanya belajar mengenal istilah pipa dalam Bahasa Inggris, tentu saja ada soal latihanya. Check this out:

1. Look at these pictures, which one is a pipe? 
(Perhatikan gambar berikut ini, yang manakah yang disebut dengan Pipe?)
Picture A
(pic from: pixabay)



Picture B
(pic from: rucika.co.id)














2. What is the best sentence for 'Rucika sudah berdiri sejak tahun 1973' in English?
(Apakah kalimat yang tepat untuk  'Rucika sudah berdiri sejak tahun 1973' dalam bahasa Inggris?)
a. Rucika has been established since 1973.
b. Rucika has been established for 1973.


Cukup dua saja yah, sudah bisa menjawabnya? Yuk, kita cek bersama-sama...
  1. Jawaban untuk pertanyaan nomor satu yaitu, A dan B benar. Keduanya disebut dengan Pipe dalam bahasa Inggris.
  2. Jawaban nomor dua tentu saja A. Rucika has been established since 1973. Alasannya karena, since  berarti sejak sedangkan for  berarti selama. (Pelajari lagi materi mengenai Present Perfect Tense).

24 komentar

  1. Yeay, jawabanku benar. Rucika ini bisa mengedukasi banget yak. Alhamdulillah jadi tambah banyak kosa kata nih bareng Mbak Dwi dan Rucika.

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak ya penyebutan untuk pipa dalam bahasa inggris. Kalau di indonesia ya pipa saja.

    BalasHapus
  3. Selama ini taunya pipa paralon yg di rumah, ternyata istilah Englishnya, beda fungsi, beda juga namanya ya... Mungkin di kita juga beda, tp kebetulan saya baru taunya pipa paralon

    BalasHapus
  4. Brand Rucika ini sudah legend Mba. Hampir sebagian besar instalasi perpipaan, baik rumah, kantor atau gedung lainnya, biasanya pakai pipa Rucika.

    Ternyata istilah dari dunia pipa cukup banyak ya, jadi sedikit tau nih... Makasih ilmunya

    BalasHapus
  5. Wah, baru tahuuuu aku mba, ada banyak istilah dalam bahasa inggris untuk menyebut pipa air. Dan juga, baru tahu kalo hose (selang) juga termasuk pipa (ahahahha)

    BalasHapus
  6. Istilah pipa yang aku tahu hanya "pipe" hehe... Kalau ngga tahu, nanti bisa-bisa aku nulis pipa dengan tambahan kata lain jadi asal aja. Rupanya pipa rambut aja jadi jauh beda ya. Apalagi pipa kanal. Kan malah ilang kata "pipe" nya. Thanks Kak ilmunya..

    BalasHapus
  7. Ealah... Baru tahu akutuh. Aku kira rucika itu merk pipa. Gak tuanya diambild ari istilah macam-macam pipa.

    Banyak juga ya jenisnya mbak. Terima kasih sekali. Sangat informatif ๐Ÿ™

    BalasHapus
  8. belajar tentang pipa ini menarik juga ya, banyak ternyata ya istilahnya
    selama ini yang umum digunakan cuma pipe aja sama Hydrant kan ya, pasti sering nemu kata ini juga.

    BalasHapus
  9. Rucika ternyata punya produk pipa khusus perlindungan untuk serta fiber optik ya Kak, lengkap banget. Kirain cuma buat air aja di rumah tangga. Rucika jaminan mutu!

    BalasHapus
  10. oooh kupikir yang nomor 1 jawabannya B doang, haha
    yang nomor 2, aku jawab yang A dong

    BalasHapus
  11. Unik banget ini artikel tentang pipa rucikanya diulas dalam pelajaran bahasa Inggris. Rycika memang pipa yang sering digunakan di rumah ya

    BalasHapus
  12. Wah seru nih sekalian belajar bahasa Inggris lagi hehehe. Secara udah lama banget nggak kepake nih cas cis cusnya..

    BalasHapus
  13. Waduh, ternyata istilah untuk pipa ada banyak banget ya. Aku tahunya ya Pipa aja kalau bahasa Indonesia, Tube, atau Hydrant, udah itu aja. Gak tau bener atau enggak. Oh ya, watre pipe juga pernah dengar sih. Pipa air gitu kalau gak salah.

    BalasHapus
  14. Aku tahu pipa-pipa itu beda, tapi gak tahu namanya. Biasanya kalau buat air tekanan besar ya agak keras dan kuat. Sekarang jadi tambah tahu deh apalagi soal Rucika

    BalasHapus
  15. ealaahhh sungguh beneran membuka wawasan ku kak, BTW pipa Rucika ini jadi pipa utama untuk saluran air dirumah kak dan emang tahan lama sih hehehe

    BalasHapus
  16. Minimal, kalo pas tukang yang lagi beresin rumah ngomong soal pipa yang bagus, bisa nyambung deh ya. Tentu aja sih si tukang ngomomgnya bahasa Indonesia campur bahasa daerah๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  17. Ternyata banyak banget jenis produk pipa yang dikeluarkan Rucika. Saya tahunya cuma pipa air aja nih, hehehe.

    BalasHapus
  18. nah iya taunya pipa air bukannya water pipe ya hehe
    makasih bu guru ilmunya
    terus pipa ternyata ada macem-macem yan sesuai fungsinya, selama ini kenalnya pipa air doang

    BalasHapus
  19. Ternyata banyak istilah pipa air yg beda2 dlm bahasa Inggris. Baru tahu juga Rucika udah exist dari tahun 73, lama jg ya.
    Btw refreshing bgt quiz-nya. Jadi nostalgia pelajaran bahasa Inggris...

    BalasHapus
  20. Kalau ada yang sebut Pipe
    Saya selalu ke Pipa Paralon buat saluran air, haha

    BalasHapus
  21. Nggak cuma dalam bahasa Inggris di website Rucika ini ternyata pipa air juga ada banyak jenisnya ya. Yes quiznya udah saya jawab dan tebakanku (sebelum contek jawabannya) sesuai.hehe

    BalasHapus
  22. Baca kosakata bahasa inggris nya jadi nyadar kalau udah banyak lupa kosakata bahasa inggris huhu, btw noted nih bsa pake buat percakapan sehari-hari

    BalasHapus
  23. wah yang aku tau dari dulu cuman PVC, ternyata banyak ragam ya :D

    BalasHapus
  24. Aku baru tau mbak kalau pipa dalam Bahasa Inggris banyak kosakatanya. Nambah ilmu baca tulisan mbak meity

    BalasHapus

Sila berkomentar dan bertanya ๐Ÿ˜Š Semua komentar dimoderasi ya