Dukung Pembelajaran Makin Bermakna dengan ASUS VivoBook 15 A516

Senin, 28 Juni 2021
Sudah memasuki tahun kedua pandemi di Indonesia. Sistem pembelajaran jarak jauh sepertinya masih akan berlangsung. Meskipun sempat ada wacana pembelajaran dibuat hybird (kombinasi tatap muka terbatas dan jarak jauh) tapi artinya tetap saja guru dituntut untuk lebih profesional dan mencari strategi agar pembelajaran tetap bermakna.

Nah, ngomongin kinerja guru. Sudah bukan zamannya lagi guru cuma ngasih tugas doang untuk dikerjakan murid di rumah. Harus ada inovasi, bagaimana caranya agar pembelajaran tetap asik meskipun terbatas jarak.

Berikut ini beberapa tips yang bisa guru terapkan.

  1. Menyusun rencana pembelajaran sederhana dan sistematis sesuai kondisi saat ini
  2. Menyederhanakan materi sesuai dengan kemampuan murid
  3. Memberikan tugas bermakna dengan jumlah yang cukup
  4. Memvariasikan aktivitas pembelajaran daring ataupun luring
  5. Membuat media pembelajaran yang menarik
  6. Menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua dan murid

Sesuai dengan arahan Kemendikbud yang telah menyederhanakan kurikulum sesuai konteks Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) — hanya 20 s.d 40 persen saja dari kurikulum normal. Harusnya guru bisa lebih kreatif dan mengembangkan dirinya untuk melakukan inovasi pembelajaran.

Untuk PJJ, tips yang disebutkan di atas tentu harus didukung dengan media yang memadai. Misalnya dengan adanya jaringan internet yang baik, perangkat komputer, laptop, ataupun smartphone, serta penguasaan berbagai platform untuk pembelajaran. Sebut saja Zoom Meeting, Google Classroom, Quizizz, dan lain-lain.

Bagaimana kalau guru atau murid tidak punya gawai atau jaringan internet yang memadai? Tak perlu risau. Guru bisa melakukan pembelajaran secara luring. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebagaimana yang telah dilakukam rekan-rekan guru di daerah 3T. Belajar dari alam dan lingkungan sekitar melalui berbagai praktik yang bisa dilakukan sendiri oleh murid di rumah.

Hal terpenting, guru tidak menyerah dengan kondisi muridnya. Baru melakukan satu strategi, sudah mengklaim muridnya tidak bisa.

Berikut ini 4 Rekomendasi Strategi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang dikutip dari panduan bersamahadapikorona.kemendikbud.go.id
  1. Praktik: menerapkan pemahaman dalam bentuk tindakan nyata.
  2. Diskusi: mencari solusi atau jawaban permasalahan secara berkelompok.
  3. Refleksi: mengenali, menandai, dan menilai upaya dan capaian belajar untuk langah perbaikan/pengembangan selanjutnya
  4. Umpan balik: memberikan umpan balik terhadap tugas yang diberikan dengan tujuan murid mengetahui bagian mana yang sudah dikerjakan dengan baik atau perlu diperbaiki.

Duh, kok tugas guru rasanya semakin banyak ya? Harus menyiapkan pembelajaran luring dan daring? Iya. Makanya saya sebagai guru selain ingin upgrade pengetahuan dan skill, sepertinya juga perlu punya laptop ASUS VivoBook 15 A516 yang punya layar lebih lebar. Tujuannya tentu saja agar kinerja saya semakin meningkat, tidak hanya mengandalkan layar smartphone yang sepanjang telapak tangan saja.


ASUS VivoBook 15 A516 Bigger Dream, Wider Screen

Baca slogannya saja sudah pas banget dengan cerita saya sebelumnya. Bagaimana nantinya laptop ini dengan layarnya yang lebih lebar, bisa membuat kinerja saya sebagai guru meningkat. Laptop ASUS VivoBook 15 A516 ini memiliki layar yang lebar dan luas yaitu 15.6 inci dengan 178 degree wide viewing angle.

Dilengkapi Software Original Windows 10 Home

Hal yang membuat saya makin yakin pengin punya laptop ini karena sudah dilengkapi dengan software Windows 10 Home, yang artinya sudah ada Office Home & Student 2019 terinstal di dalamnya. 

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Tak perlu diceritakan lagi rasanya, bagaimana saya sebagai guru sangat bergantung dengan software Office ini. Aplikasi Word biasanya kami gunakan untuk mengetik soal, tugas, ulangan dan rancangan pembelajaran. Aplikasi Excel tentu saja untuk mengolah hasil belajar, umpan balik, ataupun analisis refleksi murid. Sedangkan slide Power Point sebagai salah satu media penunjang pembelajaran yang penting berisi inti materi pembelajaran.

ASUS VivoBook 15 A516 Fast and Efficient

Banyaknya tugas guru yang harus dikerjakan, tentu perlu didukung juga dengan laptop yang memiliki kinerja handal dan mudah dibawa kemana-mana. Nah, ASUS VivoBook 15 A516 ini sudah cukup memadai untuk mendukung prosesnya.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”
 
Yes, laptop ini memiliki ruang penyimpanan ganda SSD dan HDD. Singkatnya, menginstal aplikasi di SSD menjadikan respons dan waktu load lebih cepat. Sedangkan HDD digunakan untuk menyimpan file besar seperti tugas proyek video, desain media pembelajaran, ataupun dokumentasi foto hasil kerja murid. Dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dan grafis diskrit NVIDIA® MX330, tentu saja membuat semua pekerjaan selesai lebih cepat dan efisien.

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Sudah terbayang di pelupuk mata betapa banyak hal yang bisa dilakukan dalam waktu singkat jika memiliki laptop ini.


Fitur Unggulan lainnya dari ASUS VivoBook 15 A516

Selain fitur yang telah saya sebutkan di atas, berikut ini fitur unggulan lainnya dari ASUS VivoBook 15 A516
  • Memiliki bobot keseluruhan hanya 1,8 kg cukup ringan dibawa kemana-mana. Termasuk saat peru melakukan home visit ke rumah murid ataupun bekerja di sekolah.
  • Terdapat dua warna pilihan yang menarik, Transparent Silver atau Slate Grey.
  • Mengakses laptop cukup menggunakan sidik jari untuk login karena dilengkapi sensor finger print pada touchpad dan Windows Helo
  • Dilengkapi Keyboard3 full-size dengan backlit. Sehingga tetap nyaman digunakan pada ruangan minim cahaya.
  • ASUS VivoBook 15 A516 dilengkapi dengan port USB-C® 3.2, yang didesain dapat diputar balik. 
  • Terdapat juga port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader - yang menjadikan pengguna lebih mudah menghubungkan berbagai perangkat tambahan. Seperti proyektor saat proses pembelajaran tatap muka.
  • memiliki fitur peredam guncangan E-A-R® HDD untuk melindungi data dari setiap benturan.
  • Support MyAsus, sinkronisasi pekerjaan ataupun data dari smartphone ke laptop jadi lebih mudah.

Harga dan Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook 15


Meskipun memiliki berbagai fitur unggulan, ASUS VivoBook 15 A516 ini dibandrol dengan harga yang terjangkau. Dimulai dari 5 jutaan, pengguna bisa langsung menikmati fitur yang disediakan oleh laptop impian ini.

Berikut ini tabel harga dan spesifikasi lengkapnya.







Post Comment
Posting Komentar

Sila berkomentar dan bertanya 😊 Semua komentar dimoderasi ya

Auto Post Signature

Auto Post  Signature