Pentingnya Penggunaan Sunscreen di Aktivitas Sehari-hari

Tidak ada komentar

Siapa di sini yang awalnya mengira kalau pakai sunscreen cuma saat di luar rumah? Aku sih gitu awalnya. Tapi saat ini semakin sadar pentingnya penggunaan dan reapply sunscreen meskipun beraktivitas di dalam ruangan saja.

Soalnya aku merasakan sendiri efek positif dari penggunaan sunscreen dibandingkan tidak menggunakannya sama sekali saat berada di rumah.

Tidak dipungkiri selain pengaruh buruk sinar ultraviolet, saat ini pengaruh sinar biru dari gadget (blue light) ternyata juga berdampak pada Kesehatan. Berikut ini beberapa dampak buruk dari blue light dan sinar UV A dan UV B yang berhasil aku rangkum dari berbagai sumber.

Efek Buruk Blue Light

Pa  Paparan blue light dapat memberikan dampak pada hampir seluruh tubuh kita. Berikut beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan jika paparan blue light terlalu berlebihan dan tidak ditangani dengan baik:

  • Meningkatkan risiko kelelahan mata yang disertai dengan gejala mata sensitif, sakit kepala, nyeri otot, penglihatan buruk, dan gejala lainnya.
  •  Dapat mengurangi kualitas dan lamanya tidur nyenyak dikarenakan paparan dari blue light saat sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh menunda proses istirahatnya.
  • Blue light dapat mengganggu siklus tidur yang bisa memengaruhi produktivitas kerja dan Kesehatan
  • Paparan blue light dapat memicu beberapa masalah kulit dalam jangka panjang, bahkan bahayanya bisa sama dengan paparan sinar UV.
  • Bahaya blue light yang paling sering dirasakan adalah berbagai masalah mata seperti kerusakan retina dan peningkatan risiko katarak.


Efek Buruk Sinar Ultraviolet

Paparan sinar UVA dan UVB yang tidak terlindungi dapat merusak DNA dalam sel kulit, menghasilkan cacat genetik, atau mutasi, yang dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini. Sinar UV juga dapat menyebabkan kerusakan mata, termasuk katarak dan kanker kelopak mata. Efek samping dari paparan sinar UV dalam jangka pendek adalah sunburn alias kulit yang kemerahan dan terasa seperti terbakar. Sedangkan Sinar UV yang berkepanjangan dapat menyebabkan penuaan dini. Lebih parahnya, selain penuaan dini, sinar UV juga bisa menimbulkan kanker yang terjadi pada kulit.

 

Pengalaman Skip Sunscreen

Bermula saat kondisi tubuh tidak fit beberapa waktu lalu. Sehingga mengharuskan aku bedrest di rumah. Sekitar satu minggu tidak keluar rumah sama sekali. Jadi aku tidak menggunakan sunscreen saat siang hari. Hasilnya gimana? Selama seminggu meskipun di rumah saja, kulit wajah rasanya kurang terawat. Malah lebih glowing saat lebih banyak di luar rumah.

Setelah dipikir-pikir, oiya ini pasti karena penggunaan skincare yang tidak teratur serta terlalu sering skip sunscreen.

Padahal sebagus apapun skincare, kalau kamu skip sunscreen maka hasilnya tidak akan optimal loh. Bahkan aku pernah konsultasi dengan dokter kulit, bahwa yang terpenting itu basic skincare saja seperti facial wash, moisturizer, dan siang hari gunakan sunscreen. Udah deh. Dijamin kondisi kulit akan jauh lebih sehat.

 

Rekomendasi Sunscreen untuk Pemakaian Sehari-hari

Saat ini aku menggunakan Sun Bright Daily Sunscreen dari Scarlett.


Cara Penggunaan

Cukup dua ruas jari, aku bisa mendapatkan manfaat instant cover dengan finishing kulit yang super moist, no whitecast, tidak lengket dan glowing!

Aplikasikan di seluruh wajah dan leher ya agar kulit terlindungi secara maksimal.

 

Kandungan Sun Bright Daily Sunscreen dari Scarlett

Sun Bright Daily Sunscreen ini memiliki Triple Protection Sunscreen (UVA, UVB, dan Blue light) dengan kandungan SPF 50 PA +++ dan Blumilight. Serta Broad Spectrum Sunscreen untuk cegah sunburn, kerutan, flek hitam, hingga kanker kulit.

Bahkan kandungan Blumilight di Sun Bright Daily Sunscreen dari Scarlett ini memberikan proteksi pada  kulit wajah dari radiasi blue light, yang berasal dari gadget & elektronik. Cocok banget nih buat aku yang setiap harinya terpapar sinar biru dari smartphone ataupun laptop. Maklum dikit-dikit nonton live, sering pula zoom meeting ini itu. Plus ketambahan bikin laporan keuangan. Wah, gak kira-kira lagi nih paparan sinar biru. Makanya Sun Bright Daily Sunscreen dari Scarlett ini andalan aku banget setiap harinya.

Selain itu Sun Bright Daily Sunscreen dari Scarlett ini juga diperkaya dengan Bisabolol dan Allantoin yang tidak membuat iritasi dan aman untuk kulit sensitif.

Tekstur, Warna, dan Aroma

Walaupun teksturnya thick, tetapi mampu menyerap sempurna ke dalam kulit. Varian Sun Bright Daily Sunscreen dari Scarlett ini cocok untuk kamu yang memiliki normal-to-dry skin karena kaya akan Aloe Vera yang menghidrasi kulit wajah.

Warnanya putih sedikit kekuningan alias broken white gitu. Mirip warna sunscreen pada umumnya.

Aromanya tidak terlalu mencolok bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada. Pas banget buat aku yang memang tidak terlalu suka dengan produk perawatan wajah yang baunya menyengat.

 

Pokoknya aku rekomendasiin banget nih sebagai sunscreen praktis anti ribet dnegan Triple protection sunscreen dengan SPF 50 PA+++, Pro Vitamin B5, Phytho Whitening, dan Blumilight yang tidak hanya mampu melindungi kulit secara sempurna dari sinar matahari dan blue light, tetapi juga mencerahkan sekaligus melembapkan tanpa menimbulkan whitecast.

 

Sebagai tambahan informasi, nih aku kasih rincian kandungan dari Sun Bright Daily Sunscreen dari Scarlett beserta manfaatnya:

Aloe Barbadensis Leaf Extract

·         Membantu menyamarkan noda gelap pada wajah

·         Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

·         Menjaga kelembapan kulit

 

Allantoin

·         Menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

·         Merawat kulit agar tetap terasa halus, lembut, dan tidak kering

·         Menghidrasi kulit

 

Bisabolol

·         Membantu menghidrasi kulit

·         Melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk sinar matahari

·         Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

·         Membantu melawan bakteri penyebab jerawat

 

Vitamin E

·         Membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV

·         Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

·         Membantu melembapkan kulit

 

Arisaema Amurense Extract (Phyto Whitening)

·         Membantu mencerahkan kulit

·         Membantu menyamarkan noda gelap pada wajah

Pro Vitamin B5 (Panthenol)

·         Menjaga Kelembapan kulit wajah

·         Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

Glycine Soja (Soybean) Oil

·         Membantu menyamarkan noda gelap dan meratakan warna kulit

·         Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari

·         Menjaga kelembapan kulit

 

Kesan Pertama Pemakaian

Boleh dibilang aku sudah mencoba berbagai merk sunscreen baik yang lokal ataupun produk luar. Menurutku dengan harga yang terjangkau, ingredients yang banyak manfaatnya dan SPF 50+++ , sunscreen ini layak aku repurchase.

Cukup mudah diblend dan cepat menyerap, memberikan efek glowing namun tidak lengket. Kalau kena mata gimana? Sedikit perih tapi masih bisa ditolerir sih. Makanya di kemasannya juga sebaiknya penggunaan untuk menghindari daerah mata.

 

Where to buy?

Seperti biasa kalau kamu berminat nyobain juga sunscreen yang anti UV A, UV B dan Blue light ini, bisa banget mengunnjungi took kosmetik terdekat di kotamu. Kalau kamu tipe yang mageran keluar buat jajan sunscreen doang, cus lah tinggal ke Official Store Scarlett aja di marketplace kesayangan kamu.

Buat cek keasliannya kamu juga bisa langsung akses link berikut ini: https://verify.scarlettwhitening.com

 

Testimoni Before-After Pemakaian

 

Before
                        
While

After

Terlihat pada foto setelah pemakaian wajah menjadi tampak lebih glowing ya. Ini kondisinya aku reapply setelah dua jam pemakaian. Kemasannya yang slim, memudahkan banget untuk dibawa ke mana saja.

Pokoknya aku suka banget dengan sunscreen yang extra moist and glow, selain itu juga anti UVA UVB dan blue light protection. Seperti Sun Bright Daily Sunscreen dari Scarlett ini. Kalau kamu gimana?

 

Tidak ada komentar

Sila berkomentar dan bertanya 😊 Semua komentar dimoderasi ya