Part 3: Apa Saja yang Baru dari PKB - Sang Penerus Guru Pembelajar?

10 komentar
Wah, oleh-olehnya hampir habis, nih. Masih ada sedikit yang bakal saya bagikan di sini. Baca juga ya oleh-oleh saya sebelumnya di Part 2: Apa Saja yang Baru dari PKB - Sang Penerus Guru Pembelajar?

Hari Kelima
Wow! Udah hampir selesai aja, hihihi... meskipun masih bulan puasa tetap semangatlah ya mengikuti rangkaian kegiatan. Hari ini kami hanya mempresentasikan hasil kerja kelompok kami mengenai penyusunan soal UASBN. Seperti yang saya sampaikan di postingan sebelumnya, kami diminta membuat soal jenis HOTS. Disamping itu, kami membuat juga soal jenis MOTS dan LOTS. Hahaha... apalagi ini? Kita bahas satu persatu ya...

Saya jabarkan saja bedanya melalui tabel Dimensi Proses Kognitif di bawah ini
HOTS
Higer Order Thinking Skills
Mengkreasi
·         Mengkreasi ide/gagasan sendiri
·         Kata kerja: mengkreasi, desain, mengembangkan, menulis, memformulasikan
Mengevaluasi
·         Mengambil keputusan sendiri
·         Kata kerja: evaluasi, menilai, menyanggah, memutuskan, memilih, mendukung
Menganalisis
·         Menspessifikasikan aspek-aspek/elemen
·         Kata kerja: membandingkan, memeriksa, mengkritisi, menguji
MOTS
Middle Order Thinking Skills
Mengaplikasi
·         Menggunakan informasi pada domain berbeda
·         Kata kerja: menggunakan, mendemonsrasikan, mengilustrasikan, mengoperasikan
Memahami
·         Menjelaskan ide/konsep
·         Kata kerja: menjelaskan, mengklasifikasi, menerima, melaporkan
LOTS
Lower Order Thinking Skills
Mengetahui
·         Mengingat kembali
·         Kata kerja: mengingat, mendaftar, mengulang, menirukan
Sumber: Anderson & Krathwol (2001)

Adapun contoh soal hasil diskusi beberapa kelompok bisa dilihat di foto berikut ini, silakan ditelaah ya apakah masuk soal jenis HOTS, MOTS, atau LOTS.




Sudah selesai? Belum. Di hari kelima ini pula kami merampungkan LK yang mungkin ketinggalan alias belum selesai karena dikejar-kejar deadline. Membuat contoh rangkaian kegiatan yang mungkin bisa diaplikasikan saat turun ke lapangan, mengerjakan soal post-test dan menyusun RTL (Rencana Tindak Lanjut).
Selesai? Hampir. Malamnya, kami masuk ke sebuah gedung besar untuk mengikuti acara penutupan. Yeay! Ternyata, ga sia-sia ngebut ngerjain seabrek LK dan kegiatan. Artinya, di hari ke-enam bisa langsung terbang dan pulang!

Hari Ke-enam



Para kontingen Bengkulu akhirnya memutuskan untuk hijrah ke ibukota, sebab udah terlanjur pesan tiket hari minggu. Hehehe... yes, ga mau ambil resiko aja buru-buru pulang hari sabtu karena jadwal awalnya penutupan jam 12 siang. Sementara trauma dengan perjalanan saat berangkat yang kena macet berjam-jam. Mau naik pesawat malam pakai maskapai penerbangan yang terkenal delay itu juga bikin mikir dua kali. Alhasil, kami pindah ke Jakarta dan saya memilih menginap di rumah saudara biar hemat ongkos dan gratis makan. LOL.

Demikian oleh-oleh dari saya kalau ada yang kurang paham atau mau minta tambah oleh-oleh bisa request dan boleh tulis di kolom komentar di bawah ya atau tolonglah mengerti keadaan saya. Pahami dedek, Bang! :P

10 komentar

Sila berkomentar dan bertanya 😊 Semua komentar dimoderasi ya