Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Tidak ada komentar

Jerawat biasanya muncul saat masih masa remaja ya? Lah, kalau aku malah sering jerawatan ketika usia sudah 25 ke atas. Zaman sekolah mah mulusss banget. Bahkan sekarang di usia 30-an pun, jerawat masih muncul. Kesel gak sih?

Penyebab jerawat


Nah, Berdasarkan pengalaman pribadi aku sendiri, aku mau sharing nih penyebab jerawat dan cara aku mengatasinya.


Penyebab Jerawat


Faktor Makanan

Aku sudah merasakan dan mengamati sendiri. Kalau ternyata jerawat akan muncul di wajahku karena aku terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula dan minyak. Sebut saja martabak manis dan gorengan. Kalau disuguhin dua makanan ini, mulut rasanya tidak mau menolak. Maunya ngunyah terus 😂 Akibatnya muka jadi kusam dan muncul jerawat. Ditambah lagi kadang suka malas makan sayuran hijau. Wah, bubar semua itu jerawatnya nongol dimana-mana. Bahkan sampai beruntusan.


Pemicunya karena kandungan glukosa yang cukup tinggi pada makanan dan minuman manis dapat memicu peningkatan insulin. Nah, hal inilah yang menyebabkan jerawat muncul.


Sama halnya dengan gorengan. Biasanya makanan berminyak itu cenderung asin dan gurih kan? Terus tentu saja berlemak. Kandungan lemak dan garam yang tinggi inilah jadi pemicu jerawat.


Kalau dipikir-pikir benar juga sih. Zaman sekolah dulu aku jarang makan makanan siap saji, gorengan, atau roti dan kue manis. Makan sayurnya juga teratur karena mamaku cerewet suka nyuruh ngabisin semangkuk sayur tiap kali makan. Lah, sejak punya penghasilan sendiri malah makannya sembarangan.


Makanya sekarang aku mulai atur lagi pola makan biar kulit makin sehat.


Faktor Stress

Hmmm zaman sekolah paling pusingnya kalau lagi ulangan dan tugas banyak. Sekarang mah, pemicu stresnya buanyak. Berantem ama pasangan, ngurusin kerjaan kantor dan rumah yang berantakan, mikirin MPASI anak biar lancar makan, mengatur keuangan rumah tangga biar sampai akhir bulan dapur tetap ngebul, dan lain-lain. Kalau begini sudah pasti itu beruntusan di jidat berbaris rapi. Malah makin stress kan jadinya liat muka jerawatan?


Faktor Hormon

Ya, tidak bisa dipungkiri. Setiap kali mau menstruasi, pasti ada satu atau dua jerawat yang muncul. Ini agak sulit dihindari sih. Kecuali cuma bisa pasrah dan cari cara supaya jerawatnya cepat kempes.


Faktor Kebersihan

Makan makanan sehat udah, stress juga enggak. PMS masih jauh. Tapi kok jerawat masih muncul? Berdasarkan pengalaman pribadi aku, ini biasanya karena suka pegang muka dengan tangan yang kotor, belum keramas dan ganti sarung bantal. Wehehehe… Ngaruh loh ternyata. Apalagi kalau kulit sensitif. Muncul juga itu plus gatal-gatal.


Terus cara membersihkan muka yang tidak tepat juga bisa jadi pemicu munculnya jerawat loh. Makanya perlu banget double cleansing tiap sore/malam sebelum tidur. 


Cara Mengatasi Jerawat

Kalau tadi penyebab jerawat muncul. Kali ini aku mau sharing pengalaman aku mengatasi jerawat ya. 


Pola Makan dan Makanan Sehat

Jangan sampai menyesal dan terlena loh. Setelah baca artikel ini segera atur pola dan menu makanan ya. Mulailah mengurangi makanan siap saji dan mengandung gula. Makanlah dengan gizi seimbang dan lengkapi dengan sayuran dan buah yaa.


Kurangi Stress

Kalau sering stres, usahakan dihindari ya penyebab stressnya dan cari penyelesaian masalahnya. Bisa dengan mulai rajin berkomunikasi dengan pasangan biar jarang berantem, mengatur ulang jadwal agar pekerjaan selesai tepat waktu, ikut kursus masak atau kelas MPASI, dan menambah penghasilan tambahan biar keuangan makin stabil. Boleh juga piknik tipis-tipis atau me time sendiri di rumah. Kalau pikiran tenang, hati jadi senang dong. Wajah juga jadi berseri-seri. 


Jaga kesehatan kulit dengan penggunaan skincare


Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan agar wajah cepat bebas dari jerawat adalah mulai cari skincare yang cocok dan memang diformulasikan untuk menyembuhkan dan mencegah timbulnya jerawat.


Kalau kalian pernah baca Review Scarlett Acne Series di blog ini. Nah, sekarang aku mau kasih update kulit aku setelah rutin menggunakan produk Scarlett ini.


Scarlett acne series


Adapun produk yang aku pakai adalah:

  1. Brightening Face Wash
  2. Acne Serum
  3. Glowtening serum
  4. Acne Day cream
  5. Acne Night Cream


Jujur kulit aku tipe sensitif dan cenderung susah ketemu skincare yang cocok. Awalnya tidak berekspektasi tinggi dengan penggunaan produk Scarlett Acne Series ini. Eh, malah cocok dan aku lanjut dong sampai brightening face wash dan acne serumnya itu udah botol kedua. Cinta bangettt… karena efeknya memang terlihat. Face washnya bikin wajah terlihat tampak lebih cerah. Acne serumnya juara, bikin jerawat cepat kempes dan mencegah timbulnya jerawat baru.  


Senangnya lagi, kulit aku mulai terbiasa dengan Acne day dan night cream-nya. Awal pemakaian muka aku ‘kaget’. Reaksinya malah muncul jerawat dan lebih berminyak. Ternyata aku salah mengaplikasikannya. Harusnya memang penambahan rangkaian skincare itu sebaiknya dilakukan satu persatu. Tujuannya agar terlihat reaksi dari pemakaian skincare tersebut. Seandainya muncul breakout, tidak bingung dong mau menghentikan pemakaian skincare yang mana.


Alhamdulillah setelah dibiasakan dengan pemakaian acne night cream, wajahku responnya oke. Lebih lembab dan cerah ketika bangun tidur. Setelah satu minggu, baru deh aku aplikasikan juga acne day creamnya. Hasilnya, muka gak breakout lagi dong.


Sekarang wajahku progressnya sudah jauh membaik. Aku juga sudah aplikasikan Glowthening Serum biar wajah lebih cerah. Ini tuh serum pencerah wajah dari Scarlett juga, yang tetap aman digunakan meski wajah cenderung berjerawat.


Sebenarnya dengan penggunaan rutin rangkaian Scarlett acne series ini sudah cukup menjadikan kulit lebih sehat. Akan tetapi, aku udah liat rekomendasi pemakaian Scarlett Brightening Series, untuk mencerahkan muka. Klaimnya juga cocok untuk memudarkan bekas jerawat. Nah, aku nanti mau coba deh brightening day dan night creamnya. Biar wajah makin cerah berseri.

Tidak ada komentar

Sila berkomentar dan bertanya 😊 Semua komentar dimoderasi ya